GERAKAN KOALISI MASYARAKAT SIPIL SUMBAR DALAM AKSI PENYELAMATAN KPK DI KOTA PADANG PADA TAHUN 2015 (Studi: Framing Process dan Mobilisasi Sumberdaya yang dilakukan LBH Padang dan PUSaKO Unand dalam Aksi Save KPK Terkait Konflik KPK dengan Polri Jilid 3)

Taufik, Hidayat (2017) GERAKAN KOALISI MASYARAKAT SIPIL SUMBAR DALAM AKSI PENYELAMATAN KPK DI KOTA PADANG PADA TAHUN 2015 (Studi: Framing Process dan Mobilisasi Sumberdaya yang dilakukan LBH Padang dan PUSaKO Unand dalam Aksi Save KPK Terkait Konflik KPK dengan Polri Jilid 3). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover Dan Abstrak)
Cover abstrak Taufik.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Upload.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI Penutup Upload.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA Upload.pdf

Download (404kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari konflik yang terjadi antara KPK dengan Polri jilid tiga, yang melatarbelakangi Koalisi Masyarakat Sipil Sumbar (KMSS) melakukan gerakan penyelamatan KPK di kota Padang pada tahun 2015. KMSS merupakan gerakan antikorupsi yang dilakukan secara kolektif oleh masyarakat sipil Sumbar dalam mencapai tujuan bersama dalam menyelamatkan KPK di Kota Padang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat proses framing dan proses Mobilisasi dalam gerakan penyelamatan KPK oleh LBH Padang dan PUSaKO Unand. Gerakan KMSS ini dianalisis menggunakan teori gerakan sosial modern yang difokuskan kepada dua teori, pertama, teori Framing proses, melihat bagaimana LBH Padang dan PUSaKO Unand dalam membingkai isu agar masyarakat Sumbar paham permasalahan upaya pelemahan KPK . Kedua teori mobilisasi sumberdaya untuk melihat elemen-eleman masyarakat yang dimobilisasi oleh LBH Padang dan PUSaKO Unand dalam gerakan tersebut.Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif, desain studi kasus. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dijelaskan bahwa: pertama, proses framing berhasil dilakukan oleh LBH Padang dan PUSaKO Unand dalam KMSS berdasarkan hasil dari identifikasi masalah pelemahan KPK, hasil identifiksi kemudian dikampanyekan melalui media Sosial, media cetak dan media elektonik. serta memotivasi masyarakat berpartisipasi melakukan dukungan terhadap KPK. Kedua, upaya mobilisasi berhasil dilakukan Oleh LBH Padang dan PUSaKO Unand dalam gerakan KMSS. Elemen yang berpartisipasi terdiri dari kalangan akademisi, guru-guru besar, Rektor Unand; NGO, Mahasiswa, dan masyarakat Sumbar. Berbagai elemen ini terlibat dalam berbagai bentuk aksi dukungan terhadap KPK di Sumbar. Kata Kunci: Gerakan Sosial, LBH Padang, PUSaKO Unand, Framing, Mobilisasi, KPK.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Sadri, S.IP, M. Soc.Sc
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 03 Oct 2017 11:26
Last Modified: 03 Oct 2017 11:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/29698

Actions (login required)

View Item View Item