IMPLEMENTASI NEAR FIELD COMMUNICATION (NFC) BERBASIS ANDROID UNTUK SISTEM ABSENSI KEHADIRAN DOSEN PADA PERKULIAHAN DI LINGKUNGAN FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI

Roni, Ade Putra (2017) IMPLEMENTASI NEAR FIELD COMMUNICATION (NFC) BERBASIS ANDROID UNTUK SISTEM ABSENSI KEHADIRAN DOSEN PADA PERKULIAHAN DI LINGKUNGAN FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover.pdf - Published Version

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Untuk membuktikan kehadiran pada suatu kegiatan umumnya menggunakan lembaran absensi. Dalam dunia akademik, khususnya perkuliahan absensi diberlakukan kepada dosen dan mahasiswa untuk membuktikan kehadiran pada perkuliahan. Fokus penelitian ini adalah untuk membuat suatu sistem yang lebih efisien dan efektif untuk absensi bagi dosen dalam memberikan perkuliahan. Sehingga proses absensi kehadiran dosen pada perkuliahan tidak mengganggu jalannya perkuliahan, selain itu sistem ini diharapkan mampu membantu bidang kepegawaian di dekanat lebih mudah dalam memantau perkuliahan yang dilaksanakan. Sistem ini diimplementasikan dengan memanfaatkan aplikasi android dan fitur NFC pada smartphone, kemudian untuk identifier setiap ruangan perkuliahan digunakan sebuah NFC tag. Sistem ini mampu mencatat durasi perkuliahan yang dilaksanakan oleh dosen, ruangan perkuliahan dan ditambah fitur foto untuk mengirim bukti kehadiran dosen pada perkuliahan. Semua data tersebut dikirim ke database dan ditampilkan pada halaman website dalam bentuk laporan kehadiran dosen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: RATNA AISUWARYA, M.Eng
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Komputer
Depositing User: s1 sistem komputer
Date Deposited: 02 Oct 2017 16:06
Last Modified: 02 Oct 2017 16:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/29695

Actions (login required)

View Item View Item