PERBAIKAN TEKNOLOGI BUDIDAYA PADI (Oryza sativa L.) METODE SRI (THE SYSTEM OF RICE INTENSIFICATION) MELALUI OPTIMASI LAHAN SERTA PENGELOLAAN POPULASI DAN GULMA

ARMAN, EFFENDI AR (2017) PERBAIKAN TEKNOLOGI BUDIDAYA PADI (Oryza sativa L.) METODE SRI (THE SYSTEM OF RICE INTENSIFICATION) MELALUI OPTIMASI LAHAN SERTA PENGELOLAAN POPULASI DAN GULMA. Doctoral thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
1. BAB I.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
5. BAB V.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img] Text (Disertasi Fulltext)
disertasi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://doi.org/10.25077/06301015

Abstract

Strategi pembangunan pertanian adalah peningkatan hasil tanaman berwawasan lingkungan. Metode SRI (The System of Rice Intensification) merupakan budidaya tanaman padi sawah yang telah sesuai dengan strategi tersebut. Metode SRI melakukan efisiensi penggunaan air dan meningkatkan produktivitas padi. Penelitian dilaksanakan di Kampus Fakultas Pertanian Universitas Riau Pekanbaru dan di lahan sawah Balai Benih Induk Pantai Marpoyan Pekanbaru. Tujuan penelitian ini adalah memperbaiki lingkungan tumbuh akar dengan menjaga aerasi tanah tetap baik melalui pengelolaan pemberian air sehingga dapat menekan pembentukan jaringan arenkim dan mendapatkan paket teknologi SRI melalui optimasi lahan, pengelolaan populasi dan pengendalian gulma sehingga dapat meningkatkan produktivitas padi sawah. Hasil penelitian adalah pembentukan jaringan arenkim tidak tergantung dengan tinggi genangan dan nilai kadar air tanah, dan teknik budidaya tanaman padi dengan menggunakan tinggi permukaan air 10 cm di bawah permukaan tanah, jarak saluran/parit 2 m dengan dosis kompos 10 ton/ha, serta jarak tanam 20 x 20 cm dan 20 x 25 cm dengan frekuensi pengendalian gulma tiga kali, dapat meningkatkan hasil kurang lebih 40-50%. kata kunci: SRI (The System of Rice Intensification); arenkim; aerasi tanah; pengelolaan air; padi.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Aswaldi Anwar, M.S.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Pascasarjana (Disertasi)
Depositing User: S3 Ilmu-Ilmu Pertanian
Date Deposited: 29 Sep 2017 13:04
Last Modified: 28 Oct 2017 22:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/29679

Actions (login required)

View Item View Item