PERTANGGUNGJAWABAN PERUSAHAAN INDUK SEBAGAI COORPORATE GUARANTEE TERHADAP ANAK PERUSAHAAN DALAM PEMBERIAN FASILITAS KREDIT INVESTASI OLEH PERBANKAN

Sukriadi, Sukriadi (2017) PERTANGGUNGJAWABAN PERUSAHAAN INDUK SEBAGAI COORPORATE GUARANTEE TERHADAP ANAK PERUSAHAAN DALAM PEMBERIAN FASILITAS KREDIT INVESTASI OLEH PERBANKAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRISPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pesatnya kemajuan dunia bisnis memberikan pengaruh tersendiri kepada pelaku bisnis dan perusahaan-perusahaan yang ada. Untuk melebarkan sayap dan mengembangkan bisnisnya dibentuklah suatu perseroan terbatas yang mandiri namun masih dalam kepemilikan yang sama dan pengontrolan yang masih tersentralisasi yang dikomandoi oleh suatu perusahaan yang biasanya disebut dengan perusahan holding atau induk perusahaan. Fasilitas kredit investasi perbankan merupakan salah satu sumber permodalan bagi suatu anak perusahaan, dimana kredit investasi dikategorikan sebagai kredit besar yang memerlukan adanya suatu jaminan yang dapat menimbulkan kepercayaan pihak perbankan untuk memberikan fasilitas kredit serta memberikan kepastian kepada mereka untuk dapat menerima uangnya kembali walaupun terjadi kredit macet oleh anak perusahaan. Salah satu yang dapat menjadi jaminan atas kredit anak perusahaan tersebut adalah induk perusahaannya. Perbuatan hukum tersebut tentunya akan menimbulkan akibat hukum tersendiri. Untuk itu, permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah bagaimana pertanggungjawaban perusahaan induk sebagai corporate guarantie terhadap anak perusahaan dalam pemberian fasilitas kredit investasi oleh perbankan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum normatif atau disebut juga dengan metode kepustakaan yaitu dengan cara mengolah dan menggunakan data-data sekunder atau bahan pustaka yang berkaitan dengan masalah. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pertanggungjawaban perusahaan induk sebagai corporate guarantie terhadap anak perusahaan dalam pemberian fasilitas kredit investasi oleh perbankan adalah induk perusahaan bertanggungjawab seutuhnya atas kredit anak perusahaannya. Apabila anak perusahaan melakukan wanprestasi baik itu tidak mampu atau tidak membayar kredit beserta bunganya sesuai dengan jumlah dan jangka waktu yang telah ditentukan, induk perusahaan berkewajiban melunasi kredit anak perusahaannya tersebut beserta bunganya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ulfanora, S.H.,M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 28 Sep 2017 11:31
Last Modified: 28 Sep 2017 11:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/29654

Actions (login required)

View Item View Item