PELAKSANAAN PENGAWASAN TERHADAP TENAGA KERJA ASING DI KOTA PADANG BERDASARKAN INTERNATIONAL LABOUR ORGANIZATION (ILO) CONVENTION CONCERNING LABOUR INSPECTION IN INDUSTRY LABOUR AND COMMERCE 1947(C081)”

TRIE, RAHMI GETTARI (2017) PELAKSANAAN PENGAWASAN TERHADAP TENAGA KERJA ASING DI KOTA PADANG BERDASARKAN INTERNATIONAL LABOUR ORGANIZATION (ILO) CONVENTION CONCERNING LABOUR INSPECTION IN INDUSTRY LABOUR AND COMMERCE 1947(C081)”. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (899kB)

Abstract

Kehadiran TKA adalah suatu kebutuhan dan merupakan tantangan yang harus dihadapi karena Indonesia membutuhkan TKA diberbagai sector, dengan hadirnya TKA dalam perekonomian dinegara kita akan menciptakan daya saing yang kompetitif. Penggunaan TKA secara filosofis yaitu asas manfaat, aspek keamanan, aspek legalitas, yaitu masuknya TKA harus mendapatkan izin kerja dari Mentri Tenaga Kerja, sejalan dengan penggunaan TKA adalah untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang professional di bidang tertentu yang belum dapat terisi oleh TKI dengan percepatan ahli teknologi dan peningkatan investasi. Jumlah TKA di Kota Padang berdasarkan rekapitulasi rekomendasi perpanjangan Izin Menggunakan Tenaga Asing (IMTA) yang diajukan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan Pelayanan Perizinan Terpadu (PPT) Provinsi Sumatera Barat pada bulan Januari sampai dengan Desember 2016 sebanyak 15 orang yang ditempatkan diberbagai perusahaan.Dalam ILO no.81 Pasal 4 dikatakan bahwa pengawasan ketenagakerjaan harus berada di bawah pengawasan dan kendali pusat, dimana di Kota Padang yang melakukan pengawasan adalah Dinas Ketenagakerjaann dan Transmigrasi. Pengawasan yang dilakukan adalah dengan melihat syarat administrasi dari penggunaan tenaga kerja asung yaitu Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing (RPTKA), Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing (IMTA) dan surat penunjukan pendamping tenaga kerja lokal. Didasari hal tersebut, penulis kemudian tertarik untuk membahas tentang pengawasan tenaga kerja asing di Kota Padang dengan judul “Pelaksanaan Pengawasan Terhadap Tenaga Kerja Asing di Kota Padang berdasarkan International Labour Organization (Ilo) Convention Concerning Labour Inspection In Industry And Commerce” Kata Kunci: pelaksanaan, pengawasan, tenaga kerja asing

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Jean Elvardi, S.H., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 26 Sep 2017 15:09
Last Modified: 26 Sep 2017 15:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/29579

Actions (login required)

View Item View Item