VIRULENSI BEBERAPA ISOLAT Beauveria bassiana (Bals.) Vuill TERHADAP KEPIK HIJAU Nezara viridula L. (HEMIPTERA : PENTATOMIDAE)

HIJRAHTUL, FAUZIAH (2016) VIRULENSI BEBERAPA ISOLAT Beauveria bassiana (Bals.) Vuill TERHADAP KEPIK HIJAU Nezara viridula L. (HEMIPTERA : PENTATOMIDAE). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 penutup)
BAB V.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar pustaka)
Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Tugas Akhir Ilmiah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (853kB)

Abstract

Beauveria bassiana Bals. merupakan salah satu jamur entomopatogen yang potensial untuk mengendalikan hama Nezara viridula L. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan isolat jamur Beauveria bassiana yang paling virulen terhadap hama N. viridula. Penelitian ini. telah dilaksanakan di Laboratorium Pengendalian Hayati Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan Fakultas Pertanian Universitas Andalas Padang sejak bulan November 2015 sampai Februari 2016. Penelitian ini disusun dalam rancangan acak lengkap (RAL) dengan 6 Perlakuan dan 4 ulangan. Parameter yang diamati adalah kerapatan konidia, daya kecambah konidia, mortalitas nimfa, imago terbentuk, dan jumlah telur yang dihasilkan oleh imago betina. Konsentrasi konidia yang digunakan adalah 108 konidia/ml yang disemprotkan langsung pada tubuh nimfa. Data dianalisis dengan sidik ragam dan diuji lanjut dengan LSD pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa isolat B. bassiana paling virulen terhadap N. viridula adalah isolat yang berasal dari tanaman gandum (BbTg) dengan mortalitas sebesar 100% dan nilai LT50 2,21 hari, memiliki daya kecambah sebesar 85,25% dan kerapatan konidia yaitu 12,125 x 108 konidia/ml. Kata kunci : Virulensi, Isolat, Beauveria bassiana, Nezara viridula.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Trizelia, M.Si
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 25 Sep 2017 10:12
Last Modified: 25 Sep 2017 10:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/29574

Actions (login required)

View Item View Item