POLA RELASI ANTAR AGEN PADA PROGRAM PENGELOLAAN SAMPAH PEMUKIMAN (Studi di Kompleks Tarok Indah Permai, Kelurahan Gunung Sarik,Kecamatan Kuranji Kota Padang)

Rahma, Diyen (2017) POLA RELASI ANTAR AGEN PADA PROGRAM PENGELOLAAN SAMPAH PEMUKIMAN (Studi di Kompleks Tarok Indah Permai, Kelurahan Gunung Sarik,Kecamatan Kuranji Kota Padang). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover & Abstrak)
Cover & Abstrak Tesis.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir)
bab akhir.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img] Text (Tesis Lengkap)
Tesis Full ok.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (929kB)

Abstract

Banyak studi yang menunjukkan bahwa komunitas lokal dinilai efektif dalam menggerakkan program pengelolaan sampah di lingkungannya. Namun di sisi lain, Sosiolog Anthony Giddens berpendapat berbeda bahwa dinamika modernitas telah memutus beberapa bentuk relasi yang berkonteks lokal. Penelitian ini melihat relasi yang terjadi di antara anggota komunitas lokal yang berada dalam realitas budaya modern dalam mengelola perannya mengatasi masalah sampah dengan dilatarbelakangi oleh dua pendapat yang kontradiktif tersebut. Studi kasus yang ditelaah adalah program pengelolaan sam pah pemukiman yang dikelola oleh komunitas setempat, yaitu Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Cinta Lingkungan yang berlokasi di Kompleks Tarok Indah Permai, Kelurahan Gunung Sarik, Kecamatan Kuranji, Kota Padang. Tujuan penelitian ini adalah, 1) mendeskripsikan tahapan perubahan yang terjadi pada pengelolaan sampah di Kompleks Tarok Indah Permai, 2) mendeskripsikan pola relasi antar agen pada program pengelolaan sampah di Kompleks Tarok Indah Permai, dan 3) mengidentifikasi faktor kendala bagi keberlangsungan program pengelolaan sampah di Kompleks Tarok Indah Permai. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori strukturasi dari Anthony Ginddens. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan tipe deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan kondisi pada setiap tahapan yang tidak lepas dari pengaruh struktur pada program tersebut; 2) terdapat 3 pola relasi agen yang terdiri dari: a) pola relasi saling mendukung yang menggambarkan terdapatnya agen yang sepakat dan saling mengakomodasi satu dengan yang lain; b) pola relasi saling menolak yang menggambarkan terdapatnya agen yang saling bertolak belakang dan menghambat program; c) pola relasi netral yang menggambarkan agen yang cenderung independen sehingga bersikap skeptis, kemudian menarik diri dari program; 3) Faktor kendala keberlangsungan program pengelolaan sampah tersebut disebabkan oleh empat hal, a) perbedaan motivasi agen dalam melakukan tindakan; b) perbedaan kepentingan antar agen c) perbedaan situasi sosial yang terjadi di kompleks Tarok Indah Permai ; dan d) lemahnya manajemen komunitas dalam program tersebut. Kata Kunci : Pengelolaan Sampah, relasi agen, strukturasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Zainal Arifin, M.Hum
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 15 Sep 2017 16:38
Last Modified: 15 Sep 2017 16:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/29492

Actions (login required)

View Item View Item