PENERAPAN PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 42 TAHUN 2007 TENTANG WARALABA TERHADAP USAHA WARALABA (STUDI PADA WARALABA TANSU OM CHENK DI PAYAKUMBUH)

Thahara, Dwi Ardas (2017) PENERAPAN PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 42 TAHUN 2007 TENTANG WARALABA TERHADAP USAHA WARALABA (STUDI PADA WARALABA TANSU OM CHENK DI PAYAKUMBUH). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
2.BAB_I.PDF - Published Version

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
3. BAB IV.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar pustaka)
4. Daftar Pustaka.PDF - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
5. Skripsi Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Usaha waralaba merupakan usaha dalam bidang perdagangan dan jasa yang sedang berkembang di Indonesia. Waralaba adalah hak khusus yang dimiliki oleh orang perseorangan atau badan usaha terhadap sistem bisnis dengan ciri khas usaha dalam rangka memasarkan barang dan/atau jasa yang telah terbukti berhasil dan dapat dimanfaatkan dan/atau digunakan oleh pihak lain berdasarkan perjanjian waralaba. Tansu Om Chenk di Payakumbuh merupakan suatu bentuk usaha waralaba lokal yang berasal dari Kota Payakumbuh, Provinsi Sumatera Barat. Dalam menjalankan waralaba, usaha waralaba harus berpedoman kepada Peraturan Pemerintah Nomor 42 Tahun 2007 tentang Waralaba. Dalam penelitian ini, penulis merumuskan masalah yaitu 1) Apakah usaha waralaba Tansu Om Chenk di Payakumbuh sudah memenuhi kriteria sebagai suatu waralaba sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 42 Tahun 2007 tentang Waralaba (2) Bagaimanakah pelaksanaan perjanjian waralaba pada usaha waralaba Tansu Om Chenk di Payakumbuh. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode pendekatan yuridis empiris. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa dalam menjalankan usahanya sebagai suatu usaha waralaba, Tansu Om Chenk masih belum memenuhi semua kriteria waralaba menurut Peraturan Pemerintah Republik Nomor 42 Tahun 2007 tentang Waralaba. Kriteria yang belum terpenuhi oleh Tansu Om Chenk adalah memiliki standar atas pelayanan dan barang dan/atau jasa yang ditawarkan yang dibuat secara tertulis. Pelaksanaan perjanjian waralaba pada Tansu Om Chenk dilakukan melalui tiga tahapan yaitu, tahap pertama penawaran prospektus waralaba, tahap kedua penandatangan perjanjian dan tahap ketiga pembukaan kedai. Dalam hal pelaksanaan hak dan kewajiban masih banyak kewajiban yang belum dilaksanakan oleh pihak pemberi waralaba maupun penerima waralaba. Kewajiban yang belum dilaksanakan anatara lain memberikan prospektus penawaran waralaba yang dibuat secara tertulis dan mendaftarkannya ke instansi yang berwenang, sedangkan kewajiban yang tidak dilaksanakan penerima waralaba adalah mendaftarkan perjanjian waralaba.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Hj. Yulia Mirwati, S.H.,C.N.,M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 18 Sep 2017 15:33
Last Modified: 18 Sep 2017 15:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/29480

Actions (login required)

View Item View Item