MASA INKUBASI BIAKAN CAIR MIKROORGANISME LOKAL DARI RIZOSFER TEKI (Cyperus esculentus L.) UNTUK PENINGKATAN KETAHANAN BAWANG DAUN (Allium fistulosum L.) TERHADAP Spodoptera exigua HÜBNER (LEPIDOPTERA: NOCTUIDAE)

Elin, Suciati (2016) MASA INKUBASI BIAKAN CAIR MIKROORGANISME LOKAL DARI RIZOSFER TEKI (Cyperus esculentus L.) UNTUK PENINGKATAN KETAHANAN BAWANG DAUN (Allium fistulosum L.) TERHADAP Spodoptera exigua HÜBNER (LEPIDOPTERA: NOCTUIDAE). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V (Penutup))
BAB V (Penutup).pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Mikroorganisme Lokal (MOL) merupakan kelompok mikroorganisme yang berasal dari bagian tanaman. Umumnya MOL digunakan sebagai dekomposer, perangsang pertumbuhan tanaman serta agens pengendali hama dan penyakit tanaman. Penelitian bertujuan untuk memperoleh masa inkubasi biakan cair MOL dari rizosfer teki yang efektif untuk meningkatkan ketahanan bawang daun terhadap Spodoptera exigua, meningkatkan pertumbuhan serta hasil bawang daun. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap yang terdiri atas 8 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuannya adalah introduksi MOL dari rizosfer teki dengan masa inkubasi yang berbeda (0, 1, 2, 4, 6, dan 8 minggu) pada bibit bawang daun dan permukaan tanah, insektisida Imidakloprid dan kontrol. Parameter yang diamati adalah karakter MOL pada masa inkubasi yang berbeda, perkembangan S. exigua dan tingkat kerusakannya pada bawang daun serta pertumbuhan dan hasil bawang daun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masa inkubasi terbaik dari biakan cair MOL rizosfer teki adalah 1 minggu dengan kemampuan untuk meningkatkan ketahanan bawang daun terhadap S. exigua, meningkatkan pertumbuhan serta hasil bawang daun. Kata kunci: bawang daun, masa inkubasi, mikroorganisme lokal, rizosfer teki, Spodoptera exigua

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Trimurti Habazar
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 07 Sep 2017 10:51
Last Modified: 07 Sep 2017 10:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/29387

Actions (login required)

View Item View Item