Kata Sapaan oleh Penutur Minangkabau di Jorong Simpang Tiga Alin Kanagarian Muara Kiawai Kecamatan Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat (Tinjauan Sosiolinguistik)

AYU, SISWARI LUBIS (2017) Kata Sapaan oleh Penutur Minangkabau di Jorong Simpang Tiga Alin Kanagarian Muara Kiawai Kecamatan Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat (Tinjauan Sosiolinguistik). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FIX)
Skripsi Fiks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Ayu Siswari Lubis, 1017. Kata Sapaan Bahasa Minangkabau Di Jorong Simpang Tiga Alin Kanagarian Muara Kiawai Kecamatan Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat. Jurusan Sastra Minangkabau, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Andalas, Padang, 2017. Latar belakang penetilian yang berjudul Kata Sapaan Bahasa Minangkabau di Jorong Simpang Tiga Alin Kanagarian Muara Kiawai Kecamatan Gunung Tuleh Kabupaten pasamanBarat adanya keunikan bentuk kata sapaan. Status sosialnya masayarakat di daerah ini berperan membentuk keunikan kata sapaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kata sapaan dan menjelaskan penggunaannya. Dalam penyediaan data penulis menggunakan metode simak dan cakap. Dalam analisis data, penulis menggunakan metode padan translasional dan padan ortografis. Selanjutnya dalam menyajikan hasil analisis digunakan metode formal dan informal. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh empat kelompok kata sapaan. Keempat kelompok kata sapan tersebut adalah kata sapaan kekerabatan diperoleh 10 bentuk, kata sapaan umum didapat 10 bentuk kata sapaan, kata sapaan adat diperoleh 7 bentuk kata sapaan, dan kata sapaan agama didapat 2 bentuk kata sapaan. Penggunaan kata sapaan di Jorong Simpang Tiga Alin ditentukan berdasarkan aturan yang berlaku di langgam kata. Apabila aturan tersebut dilanggar akan mendapat teguran dari pemimpin nagari atau tokoh masyarakat. Kata kunci: Kata, sapaan, bahasa, penggunaan, dan Minangkabau

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Reniwati, M.Hum
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PA Classical philology
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Daerah
Depositing User: s1 sastra minang
Date Deposited: 22 Sep 2017 15:01
Last Modified: 22 Sep 2017 15:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/29361

Actions (login required)

View Item View Item