Peranan Karakteristik Kewirausahaan Terhadap Serapan Kredit dan Pengembangan Usaha Pengolahan Gula Merah Tebu di Kabupaten Agam

Nadia, Firnalista (2017) Peranan Karakteristik Kewirausahaan Terhadap Serapan Kredit dan Pengembangan Usaha Pengolahan Gula Merah Tebu di Kabupaten Agam. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB akhir (Penutup/Kesimpulan))
BAB akhir (Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Tesis Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Usaha pengolahan gula merah tebu merupakan usaha kecil yang telah lama tumbuh di Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat. Sebagai sentra produksi gula merah di Provinsi Sumatera Barat, tentu persoalan pengembangan dan keberlanjutan usaha sangat penting dan menjadi fokus utama pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik kewirausahaan pelaku usaha pengolahan gula merah tebu, menganalisis pengaruh karakteristik kewirausahaan terhadap pengembangan usaha dan serapan kredit, serta pengaruh serapan kredit terhadap pengembangan usaha. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan April - Mei 2017. Penelitian ini menggunakan metode survey. Alat analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM). Sampel penelitian berjumlah 100 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sifat-sifat yang memiliki pengaruh dominan terhadap karakter kewirausahaan pelaku usaha pengolahan gula merah tebu di Kabupaten Agam secara berturut adalah sifat kerja keras, sifat keyakinan diri, sifat mandiri, sifat pengambilan resiko, sifat swa kendali, sifat keluwesan bergaul, sifat instrumental, sifat prestatif, dan sifat inovatif. Karakteristik kewirausahaan mempengaruhi pengembangan usaha melalui dua jalur yaitu secara langsung dan secara tidak langsung melalui serapan kredit sebesar 0.8399 atau 83.99 persen. Karakteristik kewirausahaan berpengaruh langsung terhadap serapan kredit sebesar 77.20 persen. Serapan kredit berpengaruh langsung terhadap pengembangan usaha sebesar 48.73 persen. Pengembangan usaha dapat tercapai jika pelaku usaha memiliki karakteristik kewirausahaan dan memiliki modal yang cukup dalam mengembangkan usaha. Dengan demikian, mengembangkan usaha perlu dukungan keseluruhan stakeholders terutama pemerintah, pelaku usaha perlu membangun networking, berinovasi, dan merubah pola pikir (mindset). Kata kunci: Karakteristik Kewirausahaan, Serapan Kredit, Pengembangan Usaha, SEM.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Ir. H. Nofialdi, M.Si
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 ilmu ekonomi pertanian
Date Deposited: 28 Aug 2017 15:28
Last Modified: 28 Aug 2017 15:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/29338

Actions (login required)

View Item View Item