PEELAKSANAAN PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK YANG MENJADI KORBAN TINDAK PIDANA EKSPLOITASI EKONOMI OLEH DINAS PEMERINTAH KOTA PADANG

Anggun, Pratiwi (2017) PEELAKSANAAN PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK YANG MENJADI KORBAN TINDAK PIDANA EKSPLOITASI EKONOMI OLEH DINAS PEMERINTAH KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENUTUP)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img] Text (skrispi full text)
skripsi fulll.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tindak pidana eksploitasi ekonomi terhadap anak saat ini sedang maraknya terjadi. Anak yang menjadi korban tindak pidana eksploitasi ekonomi di dalam undang-undang wajib mendapatkan perlindungan hukum. Berdasarkan uraian di atas, maka rumusan masalah penelitian ini adalah mengetahui pelaksanaan perlindungan hukum terhadap anak yang menjadi korban eksploitasi ekonomi oleh Dinas Sosial Kota Padang dan kendala dalam memberikan perlindungan hukum terhadap anak yang menjadi korban eksploitasi ekonomi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yang bersifat yuridis sosiologis. Jenis data yang digunakan adalah data primer data yang didapat dari hasil penelitian langsung di lapangan (field research) dan data sekunder yaitu informasi-informasi dari bahan studi kepustakaan yang diperlukan bagi penelitian yang terdiri dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier. Dari penelitian yang dilakukan oleh penulis di Dinas Sosial Kota Padang didapat data bahwa pelaksanaan perlindungan hukum di Dinas Sosial Kota Padang yaitu, pemberian perlindungan berupa pembinaan serta pelatihan terhadap anak. Apabila pelaku dari tindak pidana tersebut adalah orang tua, maka pihak Dinas Sosial melakukan pemisahan antara anak dengan keluarganya, dan diserahkan ke panti sosial dan diberikan pendidikan etika dan moral yang lebih baik. Kendala yang dihadapi dalam memberikan perlindungan hukum terhadap anak yang menjadi korban eksploitasi ekonomi antara lain yaitu: pelaku tidak mau mengakui perbuatannya, keinginan diri sendiri, fasilitas yang kurang mamadai, keterbatasan dana, sulitnya mengalami pendataan terhadap anak yang menjadi korban tindak pidana eksploitasi ekonomi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Nelwitis, S.H.,M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 24 Aug 2017 12:17
Last Modified: 24 Aug 2017 12:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/29293

Actions (login required)

View Item View Item