UPAYA PENANGGULANGAN PELANGGARAN LALU LINTAS OLEH SATLANTAS BAGI PENGANDARA SEPEDA MOTOR YANG TIDAK MENGGUNAKAN HELM DI WILAYAH KOTA PADANG

Tania, Deriza Fitri (2017) UPAYA PENANGGULANGAN PELANGGARAN LALU LINTAS OLEH SATLANTAS BAGI PENGANDARA SEPEDA MOTOR YANG TIDAK MENGGUNAKAN HELM DI WILAYAH KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (skripsi full text)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftra Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (680kB)

Abstract

Undang-undang nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan menjadi pelopor keselamatan dalam berlalu lintas dengan mengutamakan disiplin dalam berkendara dijalan raya, khususnya bagi para pengemudi kendaraan bermotor. Akan tetapi pada kenyataannya terdapat pelanggaran lal lintas pengendara sepeda motor tidak menggunakan helm saat mengendarai sepeda motor. Berdasarkan Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan Angkutan Jalan Pasal 57 ayat (2). Berdasarkan uraian tersebut menjadi pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah : (1) Faktor penyebab terjadinya pelanggaran lalu lintas. (2) Upaya Satlantas dalam penanggulangan pelanggran lalu lintas. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis sosisologis. Narasumber penelitian terdiri dari Anggota Satuan Lalu Lintas Kota Padang dan Mahasoiswa Universitas Andalas. Data penelitian dianalisa secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dalam penulisan skripsi ini ditarik kesimpulan sebagai berikut : (1) upaya kepolisian dalam penanggulangan pelanggaran lalu lintas oleh pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm yaitu : (a) Upaya Preventif, melakukan pencegahan terhadap pelanggaran dengan penyuluhun kesekolah-sekolah dan kampus pentingnya menjaga keselamatan dalam berkendara. (b) Upaya represif , upaya penindakan tersebut bisa berupa tilang, penyitaan kendaraan, dan teguran agar tidak melakukan pelanggran lalu lintas lagi. (c) Upaya pre-emtif, pelaksanaan pendidikan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Hj. Efren Nova, S.H., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 24 Aug 2017 11:38
Last Modified: 24 Aug 2017 11:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/29279

Actions (login required)

View Item View Item