PEMBATALAN PUTUSAN ARBITRASE TENTANG PEMBANGUNAN, PENGELOLAAN, PENGALIHAN HAK ATAS UNDERSEA WORLD INDONESIA DI TAMAN IMPIAN JAYA ANCOL OLEH PENGADILAN NEGERI JAKARTA UTARA (PERKARA NOMOR : 305/Pdt.G/BANI/2014/PN.Jkt.Utr).

ferdy, arde wiratama (2017) PEMBATALAN PUTUSAN ARBITRASE TENTANG PEMBANGUNAN, PENGELOLAAN, PENGALIHAN HAK ATAS UNDERSEA WORLD INDONESIA DI TAMAN IMPIAN JAYA ANCOL OLEH PENGADILAN NEGERI JAKARTA UTARA (PERKARA NOMOR : 305/Pdt.G/BANI/2014/PN.Jkt.Utr). Diploma thesis, universitas andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Keputusan Arbitrase bersifat final dan mempunyai kekuatan hukum tetap serta mengikat para pihak (Pasal 60 UU Arbitrase dan Alternatif Penyelesaian sengketa (APS), namun dalam kenyataan Pengadilan Negeri berkompeten pula. Dapat dilihat dalam kasus dimana putusan Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI) dilakukan pembatalan oleh Pengadilan Negeri Jakarta Utara (Perkara Nomor 305/Pdt.G/BANI/2014/PN Jkt.Utr) antara PT. Sea World Indonesia Melawan PT Pembangunan Jaya Ancol (Persero) dan Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI). Dalam pasal 70 UU No. 30 Tahun 1999 telah merusak azas putusan arbitrase yang bersifat final dan binding, walaupun terkadang belum tentu akan dapat merobah akibat hukum dari putusan arbitrase. Untuk melihat bagaimana proses dan akibat pembatalan putusan arbitrase oleh Pengadilan Negeri Jakarta Utara penulis menggunakan metode penelitian pendekatan yuridis empiris, sifat penelitian deskriptif analitis, teknik penelitian studi dokumen (putusan Pengadilan Negeri Jakarta Utara Nomor 305/Pdt.G/BANI/2014/PN Jkt.Utr, Putusan Mahkamah Agung Nomor 425 B/Pdt.Sus- Arbt/2016 dan wawancara dengan petugas Pengadilan Negeri Jakarta Utara yang ditunjuk. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah diperolehnya proses pembatalan dimulai Penggugat mengajukan Gugatan (di kepaniteraan, diproses), proses mediasi untuk mengusahakan perdamaian, Tergugat menyampaikan eksepsi/jawaban, Penggugat menyampaikan replik, Tergugat menyampaikan duplik, Penggugat dan Tergugat menyampaikan alat-alat bukti, Penggugat dan Tergugat menyampaikan tanggapan terhadap alat bukti yang diajukan pihak lawan, Penggugat dan Tergugat menyampaikan kesimpulkan, dan Hakim membacakan putusan. Akibat hukum pembatalan putusan arbitrase oleh Pengadilan Negeri Jakarta Utara pada perkara ini, walaupun sudah diperiksa pada dua (2) tingkat Pengadilan (Pengadilan Negeri dan Mahkamah Agung), namun putusan tersebut tidak merobah akibat hukum pada para pihak karena putusannya kembali pada Putusan arbitrase semula. Diketahui dari pihak Pengadilan Negeri Jakarta Utara saat ini PT SEA WORLD INDONESIA (PT.Laras Tropika Nusantara) telah mengajukan gugatan Perdata ( Perbuatan melawan Hukum) terhadap PT. PEMBANGUNAN JAYA ANCOL (persero) Tbk akibat PT SEA WORLD INDONESIA (PT.Laras Tropika Nusantara), tidak merasa puas dengan putusan Arbitrase maupun dengan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Utara ataupun Putusan Banding Mahkamah Agung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: H. Nanda Utama,.S.H,. M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 21 Aug 2017 16:21
Last Modified: 21 Aug 2017 16:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/29263

Actions (login required)

View Item View Item