PARTISIPASI PETANI PLASMA DALAM KEGIATAN PEREMAJAAN KELAPA SAWIT EKS POLA PIR-BUN DI KOPERASI PERKEBUNAN SAWIT PERINTIS PIR BUN OPHIR PASAMAN BARAT(Studi Kasus: Peremajaan Kelapa Sawit Di Koperasi Perintis Desa Koto Baru Kecamatan Luhak Nan Duo Pasaman Barat)

Budi, Ananda Putra (2017) PARTISIPASI PETANI PLASMA DALAM KEGIATAN PEREMAJAAN KELAPA SAWIT EKS POLA PIR-BUN DI KOPERASI PERKEBUNAN SAWIT PERINTIS PIR BUN OPHIR PASAMAN BARAT(Studi Kasus: Peremajaan Kelapa Sawit Di Koperasi Perintis Desa Koto Baru Kecamatan Luhak Nan Duo Pasaman Barat). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
2. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Kesimpulan)
3. BAB V kesimpulan.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
5. alhamdulilah skripsi utuh udah jadi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pembangunan Perkebunan Rakyat Pola PIR BUN di Pasaman Barat terdapat dilaksanakan melalui Kemitraan Perusahaan Perkebunan (PTPN VI) dengan Koperasi di Kecamatan Luhak Nan Duo, salah satunya adalah KOPBUN KPS Perintis. KPS Perintis telah berperan dalam kegiatan peremajaan kelapa sawit mulai dari permodalan, produksi dan pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan dan perawatan kegiatan peremajaan kelapa sawit, serta mengetahui tingkat partisipasi petani plasma dalam kegiatan peremajaan kelapa sawit. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Responden dalam penelitian adalah petani sawit yang bergabung dalam Koperasi Perintis melakukan peremajaan kelapa sawit dengan jumlah 68 orang. Penelitian ini menemukan bahwa pelaksanaan peremajaan kebun kelapa sawit yang dilakukan petani responden, kegiatan peremajaan terdiri dari menumbang dan mencacah, penyemprotan gulma pada jalur penanaman, pemancangan untuk menentukan baris tanam bibit, penanaman tanaman penutup tanah, pembuatan lubang tanam dan pemberiaan pupuk dasar, pengangkutan bibit siap salur, penanaman kelapa sawit, konsilidasi tanaman, pemeliharaan TBM, pemupukan TBM, pengendalian OPT, kastrasi tanaman, menikmati hasil kelapa sawit dan evaluasi kegiatan peremajaan kelapa sawit. Tingkat partisipasi petani petani dalam kegiatan peremajaan kelapa sawit, berada pada tingkat kategori tinggi yaitu 83,82% pada tahap perencanaan, 77,08% pada tahap pelaksanaan, 94,85% pada tahap menikmati hasil, 81,61% pada tahap evaluasi. Kata Kunci : Partisipasi, Peremajaan Kelapa Sawit, Koperasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Ira Wahyuni Syarfi, MS
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 21 Aug 2017 15:17
Last Modified: 21 Aug 2017 15:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/29225

Actions (login required)

View Item View Item