ANALISIS PENDAPATAN DAN KEUNTUNGAN USAHA PERKEBUNAN RAKYAT KOPI ARABIKA ANGGOTA KOPERASI SOLOK RADJO DENGAN BUKAN ANGGOTA KOPERASI DI KECAMATAN LEMBAH GUMANTI KABUPATEN SOLOK

Ridho, Fahrezi (2017) ANALISIS PENDAPATAN DAN KEUNTUNGAN USAHA PERKEBUNAN RAKYAT KOPI ARABIKA ANGGOTA KOPERASI SOLOK RADJO DENGAN BUKAN ANGGOTA KOPERASI DI KECAMATAN LEMBAH GUMANTI KABUPATEN SOLOK. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover Abstrak.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
2. bab 1.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Penutup)
3. BAB V.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img] Text (Ful Text)
5. Skripsi Full Upload.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (35MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan profil Koperasi Solok Radjo, mendiskripsikan kultur teknis/budidaya usahatani, dan menganalisis pendapatan dan keuntungan kopi anggota Koperasi Solok Radjo dengan bukan anggota koperasi di Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Metode yang digunakan untuk pengambilan sampel petani yang bukan anggota koperasi adalah purposive sebanyak 20 orang agar sebanding dengan petani yang anggota koperasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan pendapatan dan keuntungan anggota Koperasi Solok Radjo lebih besar dibandingkan dengan bukan anggota koperasi. Pendapatan rata-rata anggota Koperasi Solok Radjo per luas lahan sebesar Rp. 3.890.877/Tahun dan rata-rata per hektar sebesar Rp. 17.168.655/Tahun, sedangkan rata-rata pendapatan petani kopi bukan anggota koperasi per luas lahan sebesar Rp. 2.885.880/Tahun dan rata-rata pendapatan petani bukan anggota koperasi per hektar sebesar Rp. 11.621.820/Tahun. Keuntungan rata-rata anggota Koperasi Solok Radjo per luas lahan sebesar Rp. 2.223.287/tahun dan keuntungan rata-rata anggota koperasi per hektar sebesar Rp. 10.364.741/tahun, sedangkan rata-rata keuntungan petani bukan anggota koperasi per luas lahan sebesar Rp. 1.710.407/tahun dan keuntungan rata-rata bukan anggota koperasi per hektar sebesar Rp. 7.374.717/tahun. Kepada petani kopi bukan anggota koperasi sebaiknya diharapkan menjadi anggota Koperasi Solok Radjo, dikarenakan petani mendapatkan keuntungan dari segi harga dan sosialisasi budidaya kopi yang benar. Kata kunci : usahatani, pendapatan, keuntungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Yusri Usman, MS
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 15 Aug 2017 15:52
Last Modified: 15 Aug 2017 15:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/29168

Actions (login required)

View Item View Item