UPAYA PENYIDIK SATUAN RESERSE KRIMINAL POLRES TANAH DATAR DALAM MENANGGULANGI TINDAK PIDANA PENCURIAN KENDARAAN BERMOTOR DI KABUPATEN TANAH DATAR

Adril, Fauzan (2017) UPAYA PENYIDIK SATUAN RESERSE KRIMINAL POLRES TANAH DATAR DALAM MENANGGULANGI TINDAK PIDANA PENCURIAN KENDARAAN BERMOTOR DI KABUPATEN TANAH DATAR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV Penutup)
BAB IV Penutup.pdf - Updated Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (943kB)

Abstract

Tindak pidana Pencurian kendaraan bermotor tergolong dalam tindak pidana pencurian di dalam hukum pidana. Diatur di dalam pasal 362 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana, banyak terjadi di kota- kota besar di Indonesia. Salah satu di Kota Padang. Pada tahun 2015 sebanyak 2.657 meningkat pada tahun 2016 sebanyak 2.830, Tidak hanya terjadi di kota padang bahkan terjadi di kota-kota kecil seperti di Kabupaten Tanah Datar. Pada tahun 2014 sebanyak 17 kasus meningkat pada tahun 2015 menjadi 41 kasus dan meningkat lagi pada tahun 2016 menjadi 47 kasus. Penyidik Satuan Reserse Kriminal Polres Tanah Datar menanggulangi tindak pidana pencurian kendaraan bermotor menggunakan beberapa tindakan penanggulangan. Dari bentuk tindakan penanggulangan yang pernah dilakukan, nyatanya tindak pidana pencurian kendaraan bermotor semakin meningkat dari tahun ke tahun, untuk itu perlu diberikan perhatian khusus dari penegak hukum khususnya dari aparat Satuan Reserse Kriminal Polres Tanah Datar yaitu melakukan suatu upaya untuk menanggulangi tindak pidana pencurian kendaraan bermotor di Kabupaten Tanah Datar dengan lebih optimal. Adapun yang menjadi rumusan masalah yaitu : 1. Bagaimanakah Upaya Penyidik Satuan Reserse Kriminal Polres Tanah Datar dalam menanggulangi tindak pidana pencurian kendaraan bermotor di kabupaten Tanah Datar ? 2. Apakah yang menjadi Kendala oleh Penyidik Satuan Reserse Kriminal Polres Tanah Datar dalam menanggulangi tindak pidana pencurian kendaraan bermotor di Kabupaten Tanah Datar ? Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum yuridis empiris, maka yang diteliti pada awalnya adalah data sekunder, kemudian dilanjutkan dengan penelitian terhadap data primer dilapangan. Hasil penelitian dan pembahasan yaitu Upaya menanggulangi dilakukan melalui upaya preventif yaitu melakukan penyuluhan, memasang spanduk, meningkatkan kinerja kepolisian, dan upaya represif yaitu melakukan razia, melakukan penyidikan. Kendala yang ditemui berupa kendala preventif yaitu masyarakat tidak terlalu mengindahkan penyuluhan polisi, masyarakat tidak menerapkan penyuluhan polisi, masyarakat yang masih terbiasa parkir ditempat parkir illegal dan kendala represif yaitu masyarakat kurang tanggap dalam hal melaporkan pencurian, sulit mencari barang bukti dan alat bukti, pelaku menjual barang bukti secara terpisah, sulit menemukan saksi, dan identitas motor yang sulit dilacak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Nelwitis, S.H., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 11 Aug 2017 12:03
Last Modified: 11 Aug 2017 12:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/29137

Actions (login required)

View Item View Item