Pembuatan, Pengujian Lengan Fleksibel dan Data Akuisisi Pengukuran Gaya Gesek Dengan Menggunakan Load Cell Pada Alat Uji Pin On Disc

Met, Nopri (2017) Pembuatan, Pengujian Lengan Fleksibel dan Data Akuisisi Pengukuran Gaya Gesek Dengan Menggunakan Load Cell Pada Alat Uji Pin On Disc. Diploma thesis, Universitas Andalas.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab1-Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5-Penutup)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pin on disk adalah salah satu jenis tribometer yang digunakan untuk menentukan kuantitas tribologi, berupa gesekan, pelumasan dan volume kehausan. Prinsip kerja pin on disk yaitu adanya gerak relatif antara material berupa pin dalam keadaan diam dan disk berputar dengan kecepatan tertentu sehingga menimbulkan gesekan. Givonda Ferigonisa[1]telah melakukan penelitian Pengukuran koefisien gesek secara manual, namun metoda ini dianggap kurang efisien, karena pengujian hanya dapat dilakukan dalam keadaan statik, sehingga koefisien gesek yang dapat diukur hanya koefisien gesek statik. Kemudian dilakukan lagi percobaan oleh KM Abdul Rozak[2]. Untuk hasil tegangan dari load cell sudah menggunakan amplifier dan selanjutnya diproses oleh mikrokontroler Arduino Uno yang berfungsi sebagai DAQH (Data Acquistion Hardware). Pemprosesan data Arduino tersebut diolah kembali leh MATLAB (Matrix Laboratory) sebagai DAQS (Data Acqusition Software) untuk menginterprestasikan data yang didapat dari pengujian. Alat uji pin on disk yang digunakan untuk mengukur koefisien gesek dan gaya gesek oleh peneliti di atas terbatas untuk mengukur koefesien gesek dengan beban maksimum 40 N. Maka pada tugas akhir ini load cell yang akan dirancang dan dibuat pada alat uji pin on disk agr dapat mengukur koefisien gesek dinamik dengan beban maksimum sampai 100 N. Dalam tugas akhir ini tahap awal yang dilakukan adalah merancang dan membuat komponen-komponen alat uji gesek yang sesuai dengan hasil rancangan yang telah dibuat. Tahap kedua menentukan posisi letak sensor load cell pada alat uji gesek pada dua permukaan yang saling berkontak. Tegangan sinyal analog dari load cell diperkuat dengan menggunakan amplifier dan selanjutnya diproses oleh mikrokontroler Arduino uno untuk dapat mempresentasikan data yang didapat dari pegujian dinamik. Alat uji ini telah berhasil mengukur koefisien gesek kinetik dari beberapa variasi biolubricant dan kecepatan motor dengan beban yang diberikan. Sebelum dilakukan pengujian koefisien gesek, terlebih dahulu dilakukan kalibrasi load cell dengan memberikan beban secara kontinu mulai dari 5 N sampai 40 N. Setelah itu baru dilakukan pengujian koefisien gesek dengan beberapa pelumas dan beban 50 N dan 75 N pada putaran motor 1400 rpm dan 500 rpm. Dari hasil pengujuan didapatkan nilai koefisien gesek rata-rata yaitu 0.14 sampai 0.35 untuk puataran motor 1400rpm. Sedangkan untuk putaran motor 500 rpm didapatkan nilai koefisien gesek rata-rata yaitu 0.08 sampai 0.12. Kata kunci : Pin on disc, load cell, koefisien gesek kinetik, DAQH, DAQS dan biolubricant.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dedison Gasni, Ph.D
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 29 Sep 2017 15:21
Last Modified: 29 Sep 2017 15:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/29066

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item