PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PEMBERIAN LABEL RUMAH TANGGA MISKIN (Studi Di Kelurahan Limau Manis, Kecamatan Pauh, Kota Padang)

BAIKAL, AKBAR AZIZ (2017) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PEMBERIAN LABEL RUMAH TANGGA MISKIN (Studi Di Kelurahan Limau Manis, Kecamatan Pauh, Kota Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER dan ABSTRAK)
abstrak.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULLTEXT)
SKRIPSI FULL asli.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK BAIKAL AKBAR AZIZ, 1110813003, Judul Skripsi : Persepsi Masyarakat Terhadap Pemberian Label Rumah Tangga Miskin, Studi di Kelurahan Limau Manis, Kecamatan Pauh, Kota Padang. Pembimbing I Dr. Indraddin, M.Si, Pembimbing II Drs. Rinaldi Ekaputra M.Si. Jurusan Sosiologi. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik. Universitas Andalas. Padang. 2017. Kemiskinan merupakan masalah sosial ekonomi yang dihadapi manusia, tidak hanya terjadi pada dulunya namun sampai saat sekarang kemiskinan masih menjadi suatu permasalahan di belahan dunia ini tak terkecuali di Indonesia sendiri. Program-program pengentasan kemiskinan telah banyak dilaksanakan oleh pemerintah namun dilapangan masih ditemui adanya permasalahan dalam pelaksanaan program pengentasan kemiskinan. Masalah yang terjadi disebabkan karena adanya beberapa orang masyarakat yang mengaku miskin yang semata hanya untuk mendapatkan bantuan kemiskinan. Karena itu pemerintah membuat kebijakan memberikan label rumah tangga miskin kepada masyarakat yang terdaftar sebagai keluarga miskin. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi masyarakat terhadap pemberian label rumah tangga miskin di Kelurahan Limau Manis, Kecamatan Pauh, Kota Padang. Peneliti menggunakan teori interaksionisme simbolik yang dikemukakan oleh Herbert Blumer. Teori ini menjelaskan mengenai pemaknaan yang diberikan oleh masyarakat terhadap label yang diberikan oleh pemerintah sebagai simbol bagi masyarakat yang termasuk kategori miskin. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan pemilihan informan dengan menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat dismpulkan bahwa masyarakat memberikan persepsi positif dan negatif terhadap kebijakan pemberian label tersebut. Persepsi positif yang diungkapkan oleh masyarakat yaitu agar bantuan yang datang dari pemerintah jadi tepat sasaran dan mereka juga bisa menuntut pihak pemerintah kalau mereka tidak mendapatkan bantuan terutama oleh masyarakat yang masih memasang label. Persepsi positif yang lain juga diungkapkan oleh masyarakat yang tidak termasuk kategori miskin terhadap masyarakat yang menerima label rumah tangga miskin. Mereka memberikan persepsi bahwa masyarakat yang menerima label rumah tangga miskin tersebut adalah benar-benar orang yang layak mendapatkan label dan semua bantuan kemiskinan yang diberikan oleh pemerintah. Sedangkan persepsi negatif yang diberikan oleh masyarakat terhadap pemberian label rumah tangga miskin yaitu mereka merasa malu diberikan label karena label tersebut terlalu memperlihatkan kepada orang lain bahwa mereka adalah orang miskin dan persepsi lain yaitu karena tidak memberikan pengaruh terhadap jumlah bantuan yang mereka terima. Kata Kunci : Kemiskinan, Label Rumah Tangga Miskin

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Indraddin, M.Si
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 04 Aug 2017 16:07
Last Modified: 04 Aug 2017 16:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/29054

Actions (login required)

View Item View Item