PELAKSANAAN PENYIDIKAN TERHADAP PENYALAH GUNA NARKOTIKA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 35 TAHUN 2009 (Studi Kasus Kepolisian Resor (Polres) Kota Solok)

RIZKA, MULYANI (2017) PELAKSANAAN PENYIDIKAN TERHADAP PENYALAH GUNA NARKOTIKA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 35 TAHUN 2009 (Studi Kasus Kepolisian Resor (Polres) Kota Solok). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
abstrak dan cover.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV PENUTUP)
BAB IV PENUTUP.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img] Text (UTUH)
utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (827kB)

Abstract

Berdasarkan Pasal 1 Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika menjelaskan bahwa narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintesis maupun semisintesis, yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan, yang dibedakan ke dalam golongan-golongan sebagaimana terlampir dalam undang-undang ini. Sampai saat sekarang ini penyalah guna narkotika sangat marak sekali, permasalahan penyalah guna narkotika merupakan salah satu persoalan besar yang dihadapi oleh pemerintah. Penyalah guna Narkotika yang terjadi di Kota Solok selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Berdasarkan hal tersebut penulis bermaksud untuk mencoba melakukan penelitian tentang pelaksanaan penyidikan terhadap penyalah guna narkotika yang dilakukan oleh Polres Kota Solok, dalam penulisan skripsi ini adapun permasalahan yang diteliti adalah 1) Untuk mengetahui bagaimanakah bentuk pelaksanaan penyidikan terhadap penyalah guna narkotika, 2) Untuk mengetahui kendala-kendala yang di hadapi dalam pelaksanaan penyidikan terhadap penyalah guna narkotika, 3) Untuk mengetahui upaya apa yang dilakukan dalam mengatasi kendala-kendala yang dilakukan dalam pelaksanaan penyidikan pelaku penyalah guna narkotika, metode penelitian yang digunakan adalah yuridis sosiologis, teknik pengumpulan data dengan cara studi dokumen dan wawancara. Hasil penelitian yang didapat penulis 1) Pelaksanaan penyidikan didasarkan kepada Undang-undang No 35 Tahun 2009 tentang narkotika, KUHAP, Undang-undang No 2 tahun2002 tentang Kepolisiaan Negara Republik Indonesia, Peraturan Kepala Kepolisian Negara Inodnesia No 14 Tahun 2012 tentang Manajemen Penyidikan Tindak Pidana.2) Kendala yang dihadapi oleh Polres Kota Solok dalam melakukan penyidikan adalah Kurangnya personil satuan reserse narkoba untuk melakukan penyelidikan dan penyidikan yang sudah mengikuti kejurua dan pelatihan di wilayah hukum polres Kota Solok. 3) Upaya yang dilakukan Polres Kota Solok untuk mengatasi kendala tersebut adalah mencukupi jumlah personil yang berkemampuan reserse narkoba untuk menduduki jabatan sesuai dengan struktur organisasi dengan mengusulkan permintaan penambahan personil ke Polres Kota Solok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. A. Irzal Rias, S.H., MH
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 01 Aug 2017 13:02
Last Modified: 01 Aug 2017 13:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/28981

Actions (login required)

View Item View Item