Analisis Yuridis Perjanjian Kerjasama Penyaluran Dana Program Kemitraan Antara PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat dengan PT Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Persero)

Miko, Hidayat (2017) Analisis Yuridis Perjanjian Kerjasama Penyaluran Dana Program Kemitraan Antara PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat dengan PT Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Persero). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. COVER-ABSTRAK - MIKO HIDAYAT.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
2. BAB 1 PENDAHULUAN - MIKO HIDAYAT.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENUTUP)
3. BAB 5 PENUTUP - MIKO HIDAYAT.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. DAFTAR PUSTAKA - MIKO HIDAYAT.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[img] Text (TESIS FULLTEXT)
5. TESIS - MIKO HIDAYAT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Konsep kemitraan selain menjadi salah satu program kerjasama antara perusahaan dengan koperasi, juga merupakan bagian dari tanggungjawab sosial perusahaan terhadap lingkungannya. Perusahaan harus bertanggungjawab untuk mengembangkan usaha kecil dan masyarakat yang berada disekitarnya. Bentuk dukungan perusahaan khususnya perbankan, diantaranya PT. Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat terhadap koperasi dan mitra binaan yang berada dibawah pembinaan PT. Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Persero) berupa bantuan permodalan, pelatihan kepada pengurus maupun anggota koperasi agar kualitas sumber daya manusia meningkat, membantu dalam pengelolaan manajemen dan distribusi produk/jasa yang dihasilkan oleh koperasi. Hal ini telah dilakukan penelitian yang berpedoman pada rumusan masalah; bagaimana bentuk pengaturan perjanjian kerjasama penyaluran dana program kemitraan antara PT. Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat dengan PT. Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Persero), bagaimana tanggungjawab penyaluran dana program kemitraan antara PT. Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat dengan PT. Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Persero) dan bagaimana hubungan hukum dengan Mitra Binaan dalam perjanjian kerjasana penyaluran dana program kemitraan antara PT. Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat dengan PT. Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Persero). Pendekatan masalah yang digunakan adalah yuridis normatif dengan sumber data sekunder dan data primer dengan pemaparan hasil penelitian deskriptif. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa dalam usaha memberikan kepastian hukum kemitraan usaha tidak saja diatur dengan ada peraturan perundang-undangan tetapi para pihak diikat dalam suatu perjanjian kemitraan dengan berupaya untuk mengembangkan usaha kecil yang konsentrasi pada bidang perjasaan yang merupakan tanggungjawab PT. Jaminan Sosial Tenaga Kerja. Dalam pada itu itu hubungan hukum dengan Mitra Binaan dalam perjanjian kerjasana penyaluran dana program kemitraan, sekaligus merupakan binaan PT. Jaminan Sosial Tenaga Kerja, sedangkan pihak PT. Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat dalam hal ini hanya menyediakan pendanaan yang akan digunakan oleh PT. Jaminan sosial tenaga kerja tersebut, artinya hak dan kewajiban serta tanggungjawab pelaksanaan ada pada PT. Jaminan Sosial Tenaga Kerja. Kata Kunci : perjanjian kerjasama kemitraan dan dana program

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. H. Busyra Azheri, S.H., M.H.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 kenotariatan kenotariatan
Date Deposited: 08 Mar 2019 11:23
Last Modified: 08 Mar 2019 11:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/28730

Actions (login required)

View Item View Item