PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN SERIBU (Achilea millefolium L) TERHADAP KADAR CYCLOOXYGENASE-2, PROGESTERON DAN MATRIKS METALOPROTENAINASE-8 PADA TIKUS BETINA (Rattus norvegicus) YANG MENGALAMI ABORTUS

EVI, SUSANTI (2017) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN SERIBU (Achilea millefolium L) TERHADAP KADAR CYCLOOXYGENASE-2, PROGESTERON DAN MATRIKS METALOPROTENAINASE-8 PADA TIKUS BETINA (Rattus norvegicus) YANG MENGALAMI ABORTUS. Doctoral thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII)
BAB 7.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img] Text (Disertasi Full)
disertasi evi susanti.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Pemakaian tanaman obat dimasyarakat saat ini semakin meningkat tanpa mempertimbangkan dosis dan lama pemakaian, salah satu tanaman obat yan dipakai adalah daun seribu, dimana pemakaian pada wanita hamil dapat menimbulkan abortus. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh pemberian ekstrak daun seribu (Achilea Millefolium L) terhadap kadar cyclooxygenase-2, progesterone dan MMP-8 pada tikus yang mengalami abortus. Jenis penelitian adalah suatu eksperimental murni, dengan Post Test Control Group Design dengan menggunakan 24 ekor tikus betina jenis wistar, masing-masing tikus dikawinkan dan setelah positif hamil dengan memeriksa vagina plug. Maka tikus ini dibagi atas 4 kelompok, dimana kelompok 1 berlaku sebagai kelompok control, kelompok 2 (P1) mendapat ekstraks daun seribu10 mg/kg BB/hari. Kelompok 2 (P2) mendapat ekstraks daun seribu 50 mg/ml BB / hari dan kelompok 4 (P3) mendapat ekstraks daun seribu 100 mg/ml BB / hari selama 12 hari. Setelah 12 hari diperiksa kadar cyclooxygenase-2, progesterone dan MMP-8 dengan metoda elisa. Analisis statistic digunakan uji normalitas Kolmogrof Seminov yang dilanjutkan dengan ANOVA dan Post Hoc Tests Benferonni. Hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat peningkatan kadar cyclooxygenase-2 yang berbeda bermakna pada kelompok P3 dibandingkan dengan kontrol. Kadar progesterone tidak berbeda antara kelompok. kadar MMP-8 meningkat secara bermakna dibandingkan dengan kelompok kontrol dimulai pada kelompok P2. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemberian ekstraks daun seribu terhadap kadar cyclooxygenase-2 dan MMP-8, tetapi tidak berpengaruh bermakna pada kadar progesterone. Kata Kunci : Ekstraks daun seribu, abortus, cyclooxygenase-2, progesteron, MMP-8.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Primary Supervisor: Prof. Dr. dr. Yanwirasti, PA(K)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Pascasarjana (Disertasi)
Depositing User: s3 Biomedik kedokteran
Date Deposited: 31 Jul 2017 12:20
Last Modified: 31 Jul 2017 12:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/28720

Actions (login required)

View Item View Item