PERANCANGAN REAKTOR PLASMA UNTUK MENINGKATKAN PRODUKSI GAS METAN (CH4) PADA PENGOLAHAN LIMBAH CAIR KELAPA SAWIT DENGAN METODE PLASMA DIELECTRIC BARRIER DISCHARGE (DBD)

Wahid, Qhosyim (2017) PERANCANGAN REAKTOR PLASMA UNTUK MENINGKATKAN PRODUKSI GAS METAN (CH4) PADA PENGOLAHAN LIMBAH CAIR KELAPA SAWIT DENGAN METODE PLASMA DIELECTRIC BARRIER DISCHARGE (DBD). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover & abstrak.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I TA WQ.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V (BAB Akhir))
BAB V.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Kepustakaan)
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
tugas akhir lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kelapa sawit merupakan salah satu komiditi terbesar di beberapa daerah di Indonesia. Setiap ton tandan buah segar yang diolah menghasilkan limbah cair sekitar 50% dibandingkan dengan total limbah lainnya, sedangkan tandan kosong sebanyak 23%. Produk samping sawit dan limbahnya mempunyai potensi besar sebagai sumber energi yang terbarukan Salah satu sumber energi terbarukan yang belum banyak dimanfaatkan adalah energi dari biogas. Dalam hal ini teknologi plasma dapat memisahkan dan menguraikan senyawa dalam suatu cairan, maka dari itu penulis akan melakukan penelitian dengan memanfaatkan teknologi plasma metode Dielectric Barrier Discharge (DBD) dan menganalisa pengaruh plasma selama pengolahan limbah cair kelapa sawit terhadap gas-gas yang dihasilkan terutama gas metan (CH4) yang akan diteliti. Teknologi plasma sendiri merupakan teknologi yang ramah lingkungan dan dapat mendegradasi kontaminan senyawa berbahaya yang terdapat pada limbah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan rata-rata maksimal dan minimal serta mendapatkan respon kenaikan tegangan keluaran dari gas metan (CH4). Setelah melakukan penelitian didapatkan nilai rata-rata maksimal yang paling tinggi adalah percobaan yang 20 kV dimana tegangan keluaran sebesar 116,0254 mV, dan untuk rata-rata minimal tegangan keluaran yang paling besar nilai nya adalah pada percobaan yang 20 kV dengan nilai sebesar 47,8198 mV,untuk rata-rata respon kenaikan tegangan yang paling cepat naik adalah pada percobaan yang 20 kV dengan rata-rata waktu kenaikannya pada detik ke 83 detik. Kata kunci: Dielectric Barrier Discharge (DBD), Plasma, Limbah Cair Kelapa Sawit, Volume Gas

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eng. Ariadi Hasmi
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 18 Aug 2017 16:17
Last Modified: 18 Aug 2017 16:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/28712

Actions (login required)

View Item View Item