Plastik Biodegradable dengan Indikator Warna Antosianin dari Ekstrak Daun dan Buah Tanaman Pucuk Merah (Syzygium oleana) sebagai Smart Packaging

Endo, Pebri Dani Putra (2017) Plastik Biodegradable dengan Indikator Warna Antosianin dari Ekstrak Daun dan Buah Tanaman Pucuk Merah (Syzygium oleana) sebagai Smart Packaging. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab i)
BAB 1. (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab akhir)
BAB Akhir (Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
Full Tesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh indikator warna dari ekstrak daun dan buah tanaman pucuk merah (Syzygium oleana) terhadap karakteristik plastik biodegradable dan untuk mengetahui apakah indikator warna dari ekstrak daun dan buah tanaman pucuk merah (Syzygium oleana) dapat digunakan sebagai indikator warna smart packaging. Penambahan ekstrak daun dan buah pucuk merah berpengaruh terhadap karakteristik kadar air, ketebalan, densitas, daya serap air, aktivitas antioksidan, total polifenol dan kadar antosianin plastik biodegradable. Plastik biodegradable dengan indikator warna ekstrak daun dan buah tanaman pucuk merah dapat digunakan sebagai smart packaging karena dapat mendeteksi kerusakan fillet ikan ditandai dengan berubahnya warna indikator selama penyimpanan seiring dengan rusaknya fillet ikan. Dengan nilai perubahan warna (ΔE/TCD) yaitu untuk smart packaging indikator warna daun pucuk merah yaitu pada hari pertama ke-1 sampai hari ke-5 dari 0,00 menjadi 2,63 artinya perubahan warna tidak dapat dideteksi dengan mudah dengan mata biasa, sedangkan nilai (ΔE/TCD) perubahan warna indikator smart packaging dari ekstrak warna buah pucuk merah yaitu meningkat dari hari ke-1 sampai hari ke-3 dari 0,00 menjadi 10,96 dan pada hari ke-4 turun menjadi 5,48 dan pada hari ke-5 meningkat lagi menjadi 6,77 artinya perubahan warna dapat dideteksi dengan mudah dengan mata biasa. Kata Kunci : Plastik biodegradable, smart packaging, indikator warna daun, indikator warna buah.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Tuty Anggraini,S.TP,M.P,Ph.D
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 teknologi industri pertanian
Date Deposited: 11 Sep 2017 15:38
Last Modified: 11 Sep 2017 15:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/28701

Actions (login required)

View Item View Item