Kecernaan Bahan, Kering Bahan Organik, dan Protein Kasar Ransum Berbasis Pelepah Sawit Amoniasi Ditambah Ampas Daun Gambir (Uncaria Gambir Roxb) Pada Ternak Sapi Simental

Tanti, Yasri Putri (2017) Kecernaan Bahan, Kering Bahan Organik, dan Protein Kasar Ransum Berbasis Pelepah Sawit Amoniasi Ditambah Ampas Daun Gambir (Uncaria Gambir Roxb) Pada Ternak Sapi Simental. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
01 cover fix tanti.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
02 hanya bab 1.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 5)
03 BAB V.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
04 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview
[img] Text (skripsi full)
full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

KECERNAAN BAHAN KERING, BAHAN ORGANIK, DAN PROTEIN KASAR RANSUM BERBASIS PELEPAH SAWIT AMONIASI DITAMBAH AMPAS DAUN GAMBIR (UNCARIA GAMBIR ROXB) PADA TERNAK SAPI SIMENTAL TANTI YASRI PUTRI Mahasiswa Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan Universitas Andalas, Kampus Limau Manis Padang 2017 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan ampas daun gambir (uuncaria gambir roxb) sebagai bahan defaunasi bagi ternak ruminansia dengan ransum berbasis pelepah kelapa sawit amoniasi terhadap kecernaan bahan kering, bahan organik dan protein kasar. Penelitian ini menggunakan Rancangan Busur Sangkar Latin (RBSL) yang terdiri dari 3 perlakuan dan 3 kali ulangan. Perlakuan terdiri dari A = ransum komplit, B = 90% ransum A + 10% ampas daun gambir Pesisir selatan dan C = 85% ransum A + 15% ampas daun gambir Kab. Lima Puluh Kota. Parameter yang diamati adalah kecernaan bahan kering (KCBK), kecernaan bahan organik (KCBO) dan kecernaan protein kasar (KCPK). Hasil dari penelitian menunjukan bahwa penambahan ampas daun gambir memberikan pengaruh nyata (P<0,05) terhadap kecernaan bahan kering (KCBK), kecernaan bahan organik (KCBO), dan protein kasar (KCPK). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penambahan ampas daun gambir dari Pesisir Selatan sebanyak 10% pada ransum B dan penambahan ampas daun gambir dari Kab. Lima Puluh Kota sebanyak 15% pada ransum C memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap kecernaan bahan kering (KCBK), bahan organik (KCBO) dan protein kasar (KCPK) pada ternak sapi dibandingkan ransum kontrol. Kata Kunci: Amoniasi pelepah sawit, Ampas Daun Gambir, Tanin, KCBK, KCBO, KCPK.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Mardiati Zain, M. Si
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 28 Jul 2017 12:46
Last Modified: 28 Jul 2017 12:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/28614

Actions (login required)

View Item View Item