Pemanfaatan Pengereman Regeneratif Sepeda Motor Untuk Menghasilkan Energi Listrik Menggunakan Dinamo Sepeda

Anugrah, Valdesio (2017) Pemanfaatan Pengereman Regeneratif Sepeda Motor Untuk Menghasilkan Energi Listrik Menggunakan Dinamo Sepeda. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Akhir)
BAB V AKHIR.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
full text- Anugrah Valdesio.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Pada saat ini mesin sepeda motor sudah didesain memiliki struktur yang kuat sehingga sepeda motor dapat melaju dengan kecepatan yang tinggi. Jika kecepatan sepeda motor semakin tinggi maka akan meningkatkan resiko kecelakaan bagi pengendara sepeda motor. Untuk mengimbangi hal tersebut dibutuhkan sistem pengereman yang baik untuk meminimalisir terjadinya resiko kecelakaan tersebut. Ketika terjadinya pengereman maka akan ada energi kinetik yang terbuang. Oleh karena itu, dengan perancangan pengereman regenerative maka dapat mengubah energi kinetik tersebut menjadi energi listrik. Pengereman regenerative yang dirancang akan menggunakan dinamo sepeda yang ditempatkan pada piringan cakram depan roda sepeda motor, selain itu dibutuhkan perangkat tambahan seperti isolasi pada cakram dan boost converter. Pada penelitian ini dilakukan 3 macam pengujian yaitu antara dinamo sepeda dengan cakram depan roda sepeda motor tidak menggunakan isolasi, menggunakan isolasi karet dengan permukaan polos serta menggunakan isolasi karet dengan permukaan kasar. Pengujian tanpa menggunakan isolasi menghasilkan tegangan 10,8 V, arus 104,9 mA, dan daya 1,1 W. Pengujian menggunakan isolasi permukaan polos menghasilkan tegangan 12 V, arus 121 mA, dan daya 1,4 W. Pengujian menggunakan isolasi permukaan kasar menghasilkan tegangan 12,8 V,arus 130 mA, dan daya 1,6 W. Dari pengujian ini dapat disimpulkan bahwa dinamo sepeda bisa melakukan pengereman untuk menghasilkan energi listrik sebagai tegangan sumber dalam pengisian daya pada handphone. Diharapkan penelitian ini dapat dikembangkan dan diproduksi secara massal agar diterapkan dalam produksi sepeda motor yang terbarukan. Kata Kunci : Pengereman regenerative, energi kinetik, dinamo sepeda, isolasi, boost converter dan energi listrik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Melda Latif, M.T
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 18 Aug 2017 16:15
Last Modified: 18 Aug 2017 16:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/28586

Actions (login required)

View Item View Item