MAHASISWA DAN PAKAIAN BEKAS : Suatu Kajian Budaya Konsumsi Kalangan Mahasiswa Pelanggan Boutique Second di Kota Bukittinggi

NOVI, WIDYA SYAFRIYENI (2017) MAHASISWA DAN PAKAIAN BEKAS : Suatu Kajian Budaya Konsumsi Kalangan Mahasiswa Pelanggan Boutique Second di Kota Bukittinggi. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI PENUTUP)
VI.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan tentang pakaian bekas di kalangan mahasiswa. Konsumen terbesar pakaian bekas di Boutique Second ini adalah anak-anak muda seperti mahasiswa. Adanya berbagai larangan dari pemerintah mengenai pakaian bekas, tidak membuat Boutique Second sepi oleh pengunjung, akan tetapi semakin hari semakin banyak peminatnya khususnya mahasiswa. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan pola konsumsi seperti apa yang dilakukan oleh mahasiswa terhadap pakaian bekas, mengidentifikasi dan mendeskripsikan budaya konsumsi mahasiswa dalam pilih memilih pakaian bekas, serta memahami alasan mengapa mahasiswa menyenangi pakaian bekas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Sedangkan pemilihan informan dilakukan dengan cara purposive sampling dan snowball sampling, serta membagi informan kunci, informan biasa, dan informan tambahan. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep kebudayaan, pakaian serta budaya konsumsi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pemenuhan kebutuhan akan pakaian termasuk pakaian bekas, oleh mahasiswa itu sudah tidak dapat dibedakan lagi dengan keinginan, seringkali pembelian baju bekas tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan fungsional melainkan pemenuhan keinginan. Dapat dikatakan bahwa konsumsi pakaian bekas bagi mahasiswa, tidak didasari pada nilai guna atau utilitas pakaian tersebut, melainkan lebih pada nilai tanda atau kode dari pakaian itu sendiri. Sehingga mengkonsumsi pakaian bekas bagi mahasiswa bukan hanya untuk mencari kenikmatan semata, tetapi juga dapat pada kepuasan dalam menunjukkan identitas. Disadari atau tidak budaya konsumerisme ikut berperan di dalamnya. Ada beberapa alasan mengapa mahasiswa membeli pakaian bekas yaitu: (1) harga yang murah tapi tidak murahan. (2) model yang unik. (3) Barang Bermerek. Kata kunci: Pakaian bekas, konsumsi, pola konsumsi budaya konsumsi. ABSTRACT Novi Widya Syafriyeni, 1110822024. Social Anthropology, Faculty of Social Science and Politic, Andalas University, Padang, 2017. Tittle: College Students and Secondhand Clothes. An Analysis of Consumerism Culture Among Bukittinggi Secondhand Market Costumers. This research describes about secondhand clothes among college students. The biggest consumer of used clothes in boutique second this is young people like studend. The existence of various government restrictions on used clothing, not make the boutique second down from visiting. But more and more people are interested especially student. This research aims to describe consumption pattern such as what college students do with the clothes, identify, and decribe their consumerism culture in choosing the clothes, and also comprehen their reason in choosing the clothes. This research uses qualitatif method by using observation, interview, library research data collection technic. While the selection of informants is done by purposive sampling and snowball sampling, as well as dividing key informants, regular informants, and additional informants. This research concept is cultural concept, clothes, and consumerism culture. This research found that the need of clothes including secondhand clothes of college students can not be differed with their will, the activity of buying secondhand clothes often refers to complete their will, not only their need. It can be said that secondhand clothes consumption among college students is not based on its utilities, but on its sign value or code value. So, secondhand clothes consumption among college students is not only to find pleasure, but also to find pleasure in showing their identity. Consciously or not, consumerism culture takes a role in this. There are several reason in buying secondhand clothes by the college atudents: 1. It is cheap but has high quality, 2. Unique shape, 3. Branded Keywords: Secondhand clothes, consumption, consumption pattern, consumerism culture

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs. Edi indrizal, M.Si
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: s1 antropologi sosial
Date Deposited: 28 Jul 2017 11:58
Last Modified: 28 Jul 2017 11:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/28426

Actions (login required)

View Item View Item