ANALISIS PENERAPAN PSAK 109 TENTANG AKUNTANSI ZAKAT DAN INFAK/SEDEKAH (Studi Kasus pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS)Kota Padang)

Valdi, Haris (2017) ANALISIS PENERAPAN PSAK 109 TENTANG AKUNTANSI ZAKAT DAN INFAK/SEDEKAH (Studi Kasus pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS)Kota Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I.pdf - Published Version

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V (Penutup/Kesimpulan))
BAB V.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perlakuan akuntansi zakat dan infak/sedekah pada BAZNAS Kota Padang serta kesesuaiannya dengan PSAK 109 tentang Akuntansi Zakat dan Infak/Sedekah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu menganalisis data laporan pengelolaan zakat dan infak/sedekah pada BAZNAS Kota Padang, yang meliputi analisis pengakuan, pengukuran, penyajian, serta pengungkapan kemudian mengambil kesimpulan tentang bagaimana perlakuan akuntansi zakat dan infak/sedekahnya, serta apakah telah sesuai dengan PSAK 109. Secara umum perlakuan akuntansi pada BAZNAS Kota Padang telah sesuai dengan PSAK 109 meskipun masih terdapat beberapa kekurangan terutama dari sisi pengakuan yang seharusnya dilakukan pada saat kas atau aset nonkas diterima tetapi dilakukan pada saat awal dan akhir bulan, serta catatan atas laporan keuangan yang belum disajikan sehingga tidak diketahui sepenuhnya kebijakan BAZNAS Kota Padang terkait pengelolaan dana, serta rincian sumber-sumber penerimaan serta penyaluran dana yang dilakukan. Kata Kunci: Akuntansi Zakat dan Infak/Sedekah, PSAK 109, Organisasi Pengelola Zakat

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs. A.Rizal Putra, M.Si, Ak, CA
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: s1 akuntansi reguler
Date Deposited: 28 Jul 2017 10:13
Last Modified: 28 Jul 2017 10:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/28424

Actions (login required)

View Item View Item