Analisis Penyebab Kekambuhan (Relapse) Pasien Penyalah Guna NAPZA di Poliklinik Rumah Sakit Jiwa Prof. HB. Saanin Kota Padang Tahun 2017

Vinna, Zulhelmi (2017) Analisis Penyebab Kekambuhan (Relapse) Pasien Penyalah Guna NAPZA di Poliklinik Rumah Sakit Jiwa Prof. HB. Saanin Kota Padang Tahun 2017. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK baru.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI Kesimpulan dan Saran)
BAB 6.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img] Text (Full Text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan Survei data awal menunjukkan bahwa diperkirakan 30-40% pasien penyalah guna NAPZA di RSJ Prof. HB.Saanin Kota Padang tahun 2016 mengalami kekambuhan (relapse) yang merupakan suatu peristiwa dimana seorang penyalahguna yang telah pulih kembali menggunakan NAPZA secara terus menerus.Penelitian ini bertujuan menganalisis mengenai penyebab kekambuhan (relapse) pada pasien penyalah guna NAPZA di Poliklinik NAPZA RSJ Prof. HB. Saanin Kota Padang tahun 2017. Metode Penelitian dilakukan pada bulan November sampai Mei 2017di Poliklinik NAPZA RSJ Prof. HB. Saanin Kota Padang menggunakan pendekatan kualitatif-retrospektif terhadap 11 orang informan yang dipilih secara purposive dimana data diambil melalui wawancara mendalam, FGD, observasi dan telaah dokumen. Hasil Hasil penelitian didapatkan bahwa tidak konsisten mengikuti program pemulihan, keyakinan diri rendah, harapan positifdari NAPZA, mekanisme koping maladaptif, peran keluarga, teman, dan masyarakat yang cenderung negatif berperan dalam menyebabkan relapse. Kesimpulan Dari hasil penelitian didapatkan bahwa faktor internal dan eksternal pasien penyalahguna NAPZA saling berkaitan satu sama lain dalam menyebabkan relapse.Disarankan kepada lembaga rehabilitasi untuk memperkuat program rehabilitasi melibatkan keluarga, teman, masyarakat, BNN, dan kepolisian demi meningkatkan dukungan positif terhadap pemulihan pasien, serta menggencarkan edukasi keluarga, promosi bahaya NAPZA dan pemberantasannya agar tidak ada lagi peluang bagi seseorang untuk mencoba NAPZA dan bagi mantan penyalah guna untuk relapse.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Dien Gusta Anggraini Nursal, M.KM
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 28 Jul 2017 12:25
Last Modified: 28 Jul 2017 12:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/28411

Actions (login required)

View Item View Item