ANALISIS FAKTOR- FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENERAPAN PELAYANAN PRIMA OLEH PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT X TAHUN 2016

ELVA, NATTIA DESTI (2017) ANALISIS FAKTOR- FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENERAPAN PELAYANAN PRIMA OLEH PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT X TAHUN 2016. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR)
BAB 7.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img] Text (TESIS LENGKAP)
TESIS ELVA NATTIA DESTI (1321312045).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (744kB)

Abstract

ABSTRAK Penerapan pelayanan prima yang kurang baik dapat berakibat pada penurunan kepuasan dan loyalitas pasien terhadap rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor- faktor yang berhubungan dengan penerapan pelayanan prima oleh perawat di ruang rawat inap. Desain penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel sebanyak 57 perawat dengan proportional random sampling. Hasil penelitian univariat menunjukkan bahwa penerapan pelayanan prima oleh perawat baik (54,4%), supervise kategori baik (56,1 %), imbalan sesuai (64,9 %), desain pekerjaan baik (54,4 %), motivasi tinggi (61,4 %). Hasil analisis bivariat menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor yang berhubungan dengan penerapan pelayanan prima yaitu faktor supervisi (p= 0,006), imbalan (p= 0,015), desain pekerjaan (p= 0,013), dan motivasi (p= 0,000). Hasil analisa multivariate diketahui motivasi adalah variabel yang paling berhubungan dengan penerapan pelayanan prima (p=0,000). Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan antara supervisi, imbalan, desain pekerjaan, dan motivasi terhadap penerapan pelayanan prima oleh perawat di ruang rawat inap Rumah Sakit X.Disarankan kepada rumah sakit untuk meningkatkan kepuasan perawat selaku customer internal, seperti pemberian penghargaan kepada perawat yang memberikan pelayanan prima melalui program pemilihan perawat dengan layanan terprima pada masing- masing unit layanan tiap bulannya. Kata Kunci :pelayanan prima, supervisi, imbalan, desain pekerjaan, motivasi

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Almahdy, A, Apt
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program Profesi Ners
Date Deposited: 27 Jul 2017 17:18
Last Modified: 27 Jul 2017 17:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/28363

Actions (login required)

View Item View Item