PENGARUH PEMBERIAN KATEKIN GAMBIR TERHADAP KADAR BETA AMYLOID, BETA-SITE APP-CLEAVING ENZYME 1, 4-HYDROXYNONENAL DAN EKSPRESI BETA AMYLOID (Studi Eksperimental pada tikus model Alzheimer)

Linda, Rosalina (2017) PENGARUH PEMBERIAN KATEKIN GAMBIR TERHADAP KADAR BETA AMYLOID, BETA-SITE APP-CLEAVING ENZYME 1, 4-HYDROXYNONENAL DAN EKSPRESI BETA AMYLOID (Studi Eksperimental pada tikus model Alzheimer). Doctoral thesis, Universitas Andalas.

This is the latest version of this item.

[img] Text (cover + abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (426kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (239kB)
[img] Text (BAB VII)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (99kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (424kB)
[img] Text (Disertasi Full Text)
Disertasi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang: Penyakit Alzheimer merupakan gangguan neurodegeneratif yang berbahaya dan progresif yang menyumbang jumlah sebagian besar penyebab demensia yang terkait usia, ditandai dengan Efek Neuroprotektif telah dibuktikan pada hewan percobaan, epigallocatechin-3-gallate (EGCG), komponen utama pada green tea, menunjukkan perbaikan terhadap penurunan kemampuan kognitif terkait umur dan melindungi iskemia otak/cedera reperfusi penurunan kognitif dan akumulasi deposit Amyloid Beta (Aβ) serta tangles di otak. sangat potensial terjadinya penetrasi melalui sawar darah otak (Cu et al., 2007). Ekstrak Gambir mengandung lebih kurang 83 % katekin dan mengandung senyawa fungsional yang termasuk dalam golongan senyawa polifenol. Metoda: Penelitian ini dilakukan bulan mei 2015 sampai mei 2017, populasi dalam penelitian ini adalah tikus putih betina Sprague dawleyyang terdiri dari lima kelompok perlakuan pemberian dosis katekin,sebanyak 25 ekor yang dan didapatkan dari unit pengembangan hewan peliharaan Laboratorium Fakultas Kedokteran Hewan, Institut Pertanian Bogor. Hasil: Berdasarkan uji Post Hoc yang dilakukan sebelumpemberian Katekin diketahui bahwa tikus pada kelompok kontrol negatif memiliki perbedaan nilai % alternation Y-maze test yang signifikan dengan 4 kelompok lain. Terdapat pengaruh pemberian katekin terhadap kadar Beta Amyloid plasma, LCS, BACE-1,4-HNE, Kognitif dan gambaran nuron nekrotik pada analisis multivariat. Kata Kunci: Alzheimer, Katekin, Beta Amyloid plasma, LCS, BACE-1,4-HNE.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Indrawati Lipoeto, M.Sc, Ph.D, SpGK
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Pascasarjana (Disertasi)
Depositing User: s3 Biomedik kedokteran
Date Deposited: 27 Jul 2017 16:34
Last Modified: 27 Jul 2017 16:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/28332

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item