Efektivitas Bantuan Pembangunan Peace Corps Amerika Serikat di Indonesia

LISTIA, KHAIRUNNISA (2017) Efektivitas Bantuan Pembangunan Peace Corps Amerika Serikat di Indonesia. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrakk.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1 - Listi.pdf - Published Version

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5 - Listi.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Dafpus.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan efektivitas bantuan pembangunan Peace Corps Amerika Serikat di Indonesia pada periode 2010 hingga 2017. Dalam penjelasannya, penelitian ini menggunakan sudut pandang Paris Declaration beserta lima prinsip dasar dan dua belas indikator untuk menentukan efektif-tidaknya bantuan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitis dengan menggunakan sumber primer berupa hasil wawancara dengan pihak Peace Corps dan pengamatan langsung aktivitas kerja sama Peace Corps dengan Indonesia, serta sumber sekunder berupa tulisan-tulisan tentang Peace Corps Indonesia. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan prinsip-prinsip Paris Declaraton on Aid Effectiveness pada bantuan Peace Corps di Indonesia sudah cukup efektif pada Prinsip Keselarasan Lokal, Prinsip Harmonisasi dan Prinsip Pertanggungjawaban Bersama, hanya ada kekurangan di Prinsip Kepemilikan Kebijakan dan Prinsip Pengelolaan yang Berorientasi Pada Hasil Pembangunan. Pada Prinsip Kepemilikan Kebijakan, RSKP (Rencana Strategis Kementerian Pendidikan) dalam usaha pembangunan pendidikan, pengajaran Bahasa Inggris belum menjadi prioritas utama. Adanya perbedaan rancangan pembangunan dengan yang dilakukan di lapangan membuat strategi yang dilakukan belum operasional. Pada Prinsip Pengelolaan yang Berorientasi Pada Hasil Pembangunan, sejak tahun 2010 jumlah siswa, guru dan masyarakat yang berinteraksi dan merasakan bantuan pembangunan yang diberikan Peace Corps terus meningkat namun tidak ada kerangka kerja yang berorientasi pada hasil-hasil pembangunan. Kata kunci: Peace Corps, Peace Corps Indonesia, bantuan luar negeri, Amerika Serikat, Bappenas ABSTRACT The focus of this research is to explain the U.S. Peace Corps’ aid effectiveness in assisting Indonesia from year 2010 to 2017. This research utilizes the five principles and twelve indicators of Paris Declaration as tools to explain the aid effectiveness. The method of this research is descriptive-analytical and uses interviews and observation as primary resources, also using books and articles as secondary resources. The result of this research shows that principles of Paris Declaration on Aid Effectiveness in Peace Corps Indonesia is almost effective in Local Alignment Principle, Harmonization Principle, and Mutual Accountability Principle. In addition to Policy Ownership Principle, English learning is not yet considered as a priority. Moreover, there are some differences in development plan and real activities that makes it become unoperational strategy. In Managing for Result Principle, since 2010, the amount of students, teachers and communities whose interact with the volunteer of Peace Corps keep increasing but there is no official framework that shows development result oriented. Keywords: Peace Corps, Peace Corps Indonesia, foreign aid, United States, Bappenas

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Anita Afriani Sinulingga, S.IP, M.Si
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JK Political institutions (United States)
J Political Science > JZ International relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: s1 ilmu hubungan internasional
Date Deposited: 27 Jul 2017 17:53
Last Modified: 27 Jul 2017 17:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/28314

Actions (login required)

View Item View Item