UJI KADAR HEMOGLOBIN DAN NILAI HEMATOKRIT DARI MENCIT PUTIH JANTAN (Mus musculus.L) PENDERITA ANEMIA YANG DIINDUKSI KLORAMFENIKOL SETELAH DIBERIKAN MIKROALGA Scenedesmus dimorphus

Panji, Pribadi (2017) UJI KADAR HEMOGLOBIN DAN NILAI HEMATOKRIT DARI MENCIT PUTIH JANTAN (Mus musculus.L) PENDERITA ANEMIA YANG DIINDUKSI KLORAMFENIKOL SETELAH DIBERIKAN MIKROALGA Scenedesmus dimorphus. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK upload)
ABSTRAK upload.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[img] Text (Skripsi fix(pendahuluan-lampiran panji) FIx BAna koa)
Skripsi fix(pendahuluan-lampiran panji) Fix BAna koa.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Anemia merupakan keadaan berkurangnya kemampuan darah atau sel darah merah untuk membawa oksigen yang biasanya disebabkan oleh penurunan jumLah sel darah merah yang beredar. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji pengaruh mikroalga Scenedesmus dimorphus terhadap mencit putih jantan yang menderita anemia setelah diinduksi kloramfenikol. Penelitian ini dilakukan secara in vivo,sebanyak 30 ekor mencit jantan dibagi dalam 5 kelompok perlakuan yaitu K1, K2, K3, K4, K5. Dimana K1 merupakan kontrol negatif, K2 merupakan kontrol positif, K3 merupakan kelompok dosis mikroalga 2,5 g/50 mL, K4 merupakan kelompok dosis mikroalga 5 g/50 mL, dan K5 merupakan kelompok dosis mikroalga 7,5 g/50mL. Pemberian kloramfenikol pada mencit memberikan efek untuk menurunkan kadar hemoglobin dan nilai hematokrit serta menurunkan berat badan mencit. Dari hasil penelitian yang dilakukan bahwa dosis yang paling efektif untuk menaikkan kadar hemoglobin dan nilai hematokrit pada mencit yang menderita anemia adalah dosis 5 g/50 mL(K4). Begitupun dengan berat badan mencit dosis yang paling efektif untuk menaikkan berat badan mencit yaitu pada dosis 5g/50 mL. Kata kunci :Scenedesmus dimorphus, Kloramfenikol, Anemia, Mencit putih Jantan,Hemoglobin,Hematokrit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr Armaini, M.S
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 28 Jul 2017 15:44
Last Modified: 28 Jul 2017 15:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/28286

Actions (login required)

View Item View Item