MODAL SOSIAL PADA KEBERLANJUTAN SUB TERMINAL AGRIBISNIS BALIAK MAYANG (Studi: Petani di Kelurahan Padang Alai Bodi, Kecamatan Payakumbuh Timur, Kota Payakumbuh)

Fitra, Rahmadani (2017) MODAL SOSIAL PADA KEBERLANJUTAN SUB TERMINAL AGRIBISNIS BALIAK MAYANG (Studi: Petani di Kelurahan Padang Alai Bodi, Kecamatan Payakumbuh Timur, Kota Payakumbuh). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
COVER baru.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
Skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK FITRA RAHMADANI, 1310812018. Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Andalas, Padang. Judul Skripsi: Modal Sosial dalam Pembangunan Sub Terminal Agribisnis Baliak Mayang (Studi: Petani di Padang Alai, Kenagarian Aia Tabik, Kecamatan Payakumbuh Timur, Kota Payakumbuh). Pembimbing 1 Drs. Alfitri, M.S. Pembimbing II Dr. Indraddin M.Si. Permasalahan petani pada bidang pemasaran dan ketergantungan pada tengkulak memunculkan ide dari Kelompok Tani Baliak Mayang untuk membentuk Sub Terminal Agribisnis Baliak Mayang. Sub Terminal Agribisnis Baliak Mayang adalah gudang penampungan hasil produksi pertanian yang dimiliki dan dikelola oleh petani setempat yang berada di sentra produksi pertanian. Sub Terminal Agribisnis Baliak Mayang dibentuk pada tahun 2008 berada di Kelurahan Padang Alai, Kenagarian Aia Tabik, Kecamatan Payakumbuh Timur, Kota Payakumbuh. Pada pembangunan yang berasal dari inisiatif masyarakat dibutuhkan modal sosial. Oleh sebab itu tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan modal sosial dalam pembangunan Sub Terminal Agribisnis Baliak Mayang. Penelitian ini menggunakan teori modal sosial dari Robert M.Z Lawang yang menjelaskan kepercayaan, jaringan sosial, serta norma dalam pembangunan pada pembangunan Sub Terminal Agribisnis Baliak Mayang di Kelurahan Padang Alai. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan tipe penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Informan penelitian diambil secara purposive sampling (secara sengaja). Kepercayaan yang ditemukan adalah kepercayaan karena adanya ikatan persukuan antar anggota kelompok tani baliak mayang, kedua karena pengalaman bersama menaklukan rawa antar anggota kelompok tani baliak mayang, ketiga kerena sejarah terbentuknya Kelompok Tani Baliak Mayang antar anggotanya, keempat karena kepastian pemasaran yang saling menguntungkan antara Sub Terminal Agribisnis Baliak Mayang dan petani mitra, kelima karena jaminan kesesuaian kualitas hasil pertanian dan harga hasil pertanian antara Sub Terminal Agribisnis dan pedagang mitra. Jaringan yang ditemukan pada pembangunan Sub Terminal Agribisnis Baliak Mayang adalah jaringan duaan ganda berlapis. Pembangunan Sub Terminal Agribisnis Baliak Mayang berhasil memutuskan rantai pemasaran pada pemasaran produksi pertanian. Pemasaran hasil produksi pertanian dulunya dikumpulkan pada tengkulak. Namun, setelah adanya Sub Terminal Agribisnis Baliak Mayang, Sub Terminal Agribisnis ini menggantikan peran dari tengkulak untuk mengumpulkan hasil produksi pertanian dari para petani. Norma yang terdapat pada Sub Terminal Agribisnis Baliak Mayang antara lain, petani wajib memberikan melaporkan penggarapan lahan agar tidak terjadi over produksi, Petani wajib memberikan hasil produksi pertanian hanya ke Sub Terminal Agribisnis Baliak Mayang. Pedagang wajib membeli hasil pertanian pada saat harga mahal dan saat harga murah. Kata kunci : Modal sosial, Sub Terminal Agribisnis, Petani.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs. Alfitri, MS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HS Societies secret benevolent etc
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 03 Aug 2017 11:21
Last Modified: 03 Aug 2017 11:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/28275

Actions (login required)

View Item View Item