PENGARUH EKSTRAK KELENJAR HIPOFISA AYAM BROILER (Gallus gallus domesticus) TERHADAP PEMBUAHAN, PENETASAN TELUR DAN KELANGSUNGAN HIDUP LARVA IKAN KOI (Cyprinus carpio L.)

Taufiq, Rizky (2017) PENGARUH EKSTRAK KELENJAR HIPOFISA AYAM BROILER (Gallus gallus domesticus) TERHADAP PEMBUAHAN, PENETASAN TELUR DAN KELANGSUNGAN HIDUP LARVA IKAN KOI (Cyprinus carpio L.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (I. Abstrak)
I. Abstrak.pdf - Published Version

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text (II. BAB I (Pendahuluan))
II. BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (III. BAB Akhir)
III. BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (IV. DAFTAR PUSTAKA)
IV. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[img] Text (V. Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
V. Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari-Mei 2016 di Laboratorium Riset Fisiologi Hewan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dan Balai Benih Ikan (BBI), Bungus, Kelurahan Bungus Timur, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Padang, Sumatera Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh serta untuk menentukan dosis terbaik dari ekstrak kelenjar hipofisa ayam broiler (Gallus gallus domesticus) terhadap peningkatan pembuahan, penetasan telur dan kelangsungan hidup larva ikan koi (Cyprinus carpio L.) . Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari empat perlakuan dan tiga ulangan. Perlakuan yang diberikan yaitu penyuntikan tanpa ekstrak kelenjar hipofisa ayam broiler (kontrol) dan penyuntikan ekstrak kelenjar hipofisa ayam broiler dengan dosis 500 mg/kg berat badan ikan, 600 mg/kg berat badan ikan, 700 mg/kg berat badan ikan. Ikan yang digunakan sebanyak 12 pasang induk ikan koi dengan berat 600-800 gram. Hasil penelitian peningkatan pembuahan berkisar 34,68%, peningkatan penetasan telur berkisar 50,42%, dan peningkatan kelangsungan hidup larva berkisar 40,73%. Hal tersebut disebabkan karena adanya pengaruh hormon gonadotropin pada ekstrak kelenjar hipofisa ayam broiler tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perlakuan yang diberikan ekstrak kelenjar hipofisa ayam broiler memberikan pengaruh yang berbeda nyata terhadap peningkatan pembuahan, penetasan telur dan kelangsungan hidup larva ikan koi dengan dosis terbaik yaitu 500 mg ekstrak kelenjar hipofisa ayam broiler/kg berat badan ikan koi. Kata Kunci : Kelenjar hipofisa ayam broiler, ikan koi, pembuahan, penetasan telur, kelangsungan hidup larva

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Efrizal
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: s1 biologi biologi
Date Deposited: 28 Jul 2017 15:19
Last Modified: 28 Jul 2017 15:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/28273

Actions (login required)

View Item View Item