PERAN BIROKRASI PEMERINTAH DALAM PROSES PENGAJUAN PERCERAIAN GURU Studi Kasus Perceraian Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Lima Puluh Kota

REZKY, REZKY AGUS RYANTO (2017) PERAN BIROKRASI PEMERINTAH DALAM PROSES PENGAJUAN PERCERAIAN GURU Studi Kasus Perceraian Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Lima Puluh Kota. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (absrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab i)
BAB I.docx pdf.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab iv)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (849kB)

Abstract

ABSTRAK Rezky Agus Ryanto, 1210813005, Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas Padang. Judul Skripsi: Peranan Birokrasi Pemerintah Dalam Proses Pengajuan Perceraian Guru Studi Pada Kasus Perceraian Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Lima Puluh Kota. Pembimbing I Dr. Bob Alfiandi, M.Si, Pembimbing II Dra.Fachrina, M.Si Dalam pelaksanaannya, beberapa ketentuan Peraturan Pemerintah Nomor 10 Tahun 1983 tentang izin perkawinan dan perceraian bagi Pegawai Negeri Sipil terdapat ketidak jelasan rumusan. Sehingga dibentuklah Peraturan Pemerintah Nomor 45 Tahun 1990 yang dilakukan penyempurnaan dengan menambah dan atau mengubah beberapa ketentuan Peraturan Pemerintah Nomor 10 Tahun 1983 tersebut. Berdasarkan hasil temuan data di Pengadilan Agama Kabupaten Lima Puluh Kota menunjukkan bahwa tingkat perceraian Pegawai Negeri Sipil pada tahun 2016 meningkat pada tahun-tahun sebelumnya dan angka tertinggi perceraian terjadi pada guru sekolah dasar. Melihat kondisi ini menarik peneliti untuk mengetahui bagaimana peran pemerintah terkait birokrasinya dalam pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 45 tahun 1990 tentang izin perkawinan dan perceraian Pegawai Negeri Sipil. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan tipe deskripsif. Informan penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik purpose sampling dan dalam pengumpulan data digunakan teknik observasi dan wawancara mendalam. Teori yang digunakan adalah teori tipe ideal birokrasi oleh Max Weber. Hasil penelitian menunjukkan peran birokrasi pemerintah dalam pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 45 tahun 1990, bagi guru sekolah dasar yang ingin bercerai harus melakukan proses pengajuan perceraian terlebih dahulu ke instansi-instansi pemerintah terkait untuk mendapatkan izin bercerai kepengadilan agama. Kemudian terdapat kekurangan dalam pelaksanaan peraturan pemerintah tersebut yaitu belum adanya kualifikasi penempatan pegawai negeri yang terspesialisasi secara khusus untuk menangani perkara guru yang ingin bercerai. Selain itu hal yang mendukung tentang bagaimana melakukan Pembina dan mediasi kepada pihak berperkara seperti mengadakan pelatihan-pelatihan secara khusus bagi pegawai negeri yang berwenang juga belum dilakukan oleh pemerintah.

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: Drs. Yulkardi, M.Si
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 27 Jul 2017 16:01
Last Modified: 01 Aug 2017 01:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/28246

Actions (login required)

View Item View Item