PENGARUH LAMA FERMENTASI DAN DOSIS INOKULUM Bacillus amyloliquefaciens TERHADAP KANDUNGAN NUTRISI DAUN PAITAN (Tithonia diversifolia)

Shafira, Pratiwi (2017) PENGARUH LAMA FERMENTASI DAN DOSIS INOKULUM Bacillus amyloliquefaciens TERHADAP KANDUNGAN NUTRISI DAUN PAITAN (Tithonia diversifolia). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
no 1.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
no 2.pdf - Published Version

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB akhir (Penutup/Kesimpulan))
no 3.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
no 4.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
no 5.pdf - Updated Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PENGARUH LAMA FERMENTASI DAN DOSIS INOKULUM Bacillus amyloliquefaciens TERHADAP KANDUNGAN NUTRISI DAUN PAITAN (Tithonia diversifolia) Shafira Pratiwi, dibawah bimbingan Dr.Ir.Montesqrit,S,Pt,MSi dan Prof.Dr.Ir.Mirzah,MS Bagian Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan Fakultas Peternakan Universitas Andalas,2017 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi antara lama fermentasi dengan dosis inokulum Bacillus amyloliquefaciens terhadap kandungan nutrisi daun paitan (Tithonia diversifolia). Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial 3 x 3 dengan 3 ulangan. Faktor A (dosis inokulum) terdiri dari A1=1%, A2=2% dan A3=3%. Faktor B (lama fermentasi) terdiri dari B1=1 hari, B2=2 hari dan B3=3 hari. Peubah yang diamati adalah kandungan bahan kering (%),kandungan serat kasar (%) dan kandungan protein kasar (%). Hasil penelitian ini yaitu menunjukkan bahwa tidak adanya interaksi antara Faktor A dan Faktor B terhadap kandungan bahan kering, kandungan serat kasar dan kandungan protein kasar. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah dosis inokulum optimal dalam penurunan bahan kering, peningkatan kandungan protein kasar dan penurunan serat kasar daun paitan adalah perlakuan dengan dosis inokulum 3% yang memberikan kandungan bahan kering sebesar 47,05%, kandungan protein kasar sebesar 24,11%, kandungan serat kasar sebesar 8,25%. Sedangkan lama fermentasi yang optimal adalah lama fermentasi 1 hari yang memberikan kandungan bahan kering sebesar 46,92%, kandungan protein kasar sebesar 23,74%, kandungan serat kasar sebesar 9,32% Kata kunci : Daun paitan (Tithonia diversifolia), Bacillus amyloliquefaciens, Lama Fermentasi, Dosis Inokulum, Kandungan Nutrisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Ir.Montesqrit,S,Pt,MSi
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 27 Jul 2017 15:26
Last Modified: 27 Jul 2017 15:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/28238

Actions (login required)

View Item View Item