ANALISIS PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN, PELATIHAN SETELAH MENJABAT DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN (SAP) BERBASIS AKRUAL(Studi Kasus Pada Kejaksaan RI)

Roni, Gusheruddin (2017) ANALISIS PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN, PELATIHAN SETELAH MENJABAT DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN (SAP) BERBASIS AKRUAL(Studi Kasus Pada Kejaksaan RI). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak RONI GUSHERUDDIN_152053047.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
2. BAB I RONI GUSHERUDDIN_152053047.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
3. BAB V RONI GUSHERUDDIN_152053047.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka RONI GUSHERUDDIN_152053047.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[img] Text (Thesis full text)
5. Thesis RONI GUSHERUDDIN_1520532047.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis permasalahan-permasalahan dalam praktek penyusunan laporan keuangan dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) berbasis akrual berdasarkan penyebab dan daerah serta untuk menguji dan menganalisis pengaruh latar belakang pendidikan, pelatihan setelah menjabat dan pengalaman kerja secara individual terhadap tingkat pemahaman Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) berbasis akrual. Populasi dalam penelitian adalah seluruh aparatur SAI Kejaksaan RI pada 523 satuan kerja di seluruh Indonesia dan pemilihan sampel menggunakan metode puposive sampling dengan judgement sampling, dimana dengan metode ini jumlah sampel berjumlah 192 responden yang tersebar di 96 satker pada beberapa daerah di Indoensia. Metode pengumpulan data menggunakan metode field research dengan penyebaran kuisoner dan wawancara singkat, sementara itu metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pemahaman SAP berbasis akrual terlihat masih lemah dalam hal praktek, akan tetapi pemahaman dalam bentuk teori relatif cukup baik, kondisi tersebut terjadi hampir pada seluruh aparatur SAI Kejaksaan RI pada beberapa daerah di Indoesia, (2) latar belakang pendidikan, pelatihan setelah menjabat dan pengalaman kerja berpengaruh posistif dan signifikan secara individual terhadap tingkat pemahaman Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) berbasis akrual pada Kejaksaan RI.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Suhairi, SE, M.Si, Ak
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 akuntansi akuntansi
Date Deposited: 27 Jul 2017 16:29
Last Modified: 31 Jul 2017 15:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/28112

Actions (login required)

View Item View Item