PEMILIHAN FLUIDA KERJA DAN PERHITUNGAN SPECIFIC INVESTMENT COST (SIC) UNTUK SISTEM OCEAN THERMAL ENERGY CONVERTION (OTEC)

Jevinder, Ciputra (2017) PEMILIHAN FLUIDA KERJA DAN PERHITUNGAN SPECIFIC INVESTMENT COST (SIC) UNTUK SISTEM OCEAN THERMAL ENERGY CONVERTION (OTEC). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
TUGAS AKHIR.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Kepustakaan)
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pada umumnya suatu pembangkit listrik tenaga uap menggunakan boiler untuk mendapatkan panas dari pembakan bahan bakar fosil seperti batu bara dan gas.pemanfaatan yang dilakukan secara terus-menerus membuat ketersediannya semakin terbatas, sehingga adanya suatu alternatif energi sangat diperlukan. Salah satu alternatif energi yang dapat digunakan adalah energi panas laut. Energi panas laut dapat dimanfaatkan pada sistem Ocean Thermal Energy Convertion (OTEC). Sistem tersebut menggunakan fluida organik sebagai fluida kerjanya, karena sistem bekerja pada tekanan dan temperatur kerja yang rendah, untuk itu perlu dilakukan pemilihan fluida kerja terbaik dan pengaruh laju aliran massa fluida kerja terhadap nilai SIC. Dalam hal ini optimasi pemilihan fluida kerja terbaik dilakukan pada 10 kandidat fluida kerja, yaitu ammonia, butane, ethane, R1234yf, R1234ze, R124, R134a, R152a, R161, R227ea. Optimasi pemilihan fluida kerja terbaik dan pengaruh laju aliran massa fluida kerja terhadap nilai Specific Investment Cost (SIC) dilakukan dengan menggunakan metoda genetik algoritma yang dijalankan pada software Matlab versi 2014a yang dihubugkan dengan software Data Base REFPROP v9 untuk menentukan tingkat keadaan sistem. Dalam hal ini fluida kerja terbaik adalah fluida kerja yang menghasilkan kerja bersih sistem paling tinggi, dimana dari hasil optimasi yang dilakukan didapatkan fluida ammonia sebagai fluida kerja terbaik dengan daya bersih sistem sebesar 26.33 KJ/kg dan kerja mekaniknya 45.23 KJ/kg. Kemudian untuk pengaruh laju airan massa fluida kerja terhadap nilai SIC didapatkan pada laju aliran massa 0.3 kg/s s/d 4.3 kg/s nilai Specific Investment Cost (SIC) relatif linear dan pada laju aliran massa 4.4 kg/s s/d 4.9 kg/s nilai Specific Investment Cost (SIC) cenderung naik dengan signifikan. Dan pada laju aliran massa 1.5 kg/s menghasilkan nilai Specific Investment Cost (SIC) paling kecil, yaitu sebesar 942.52 €/KWh. Kata Kunci : Ocean Thermal Energy Convertion (OTEC), Specific Investment Cost (SIC).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: DENDI ADI SAPUTRA, MT
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 02 Nov 2017 15:49
Last Modified: 02 Nov 2017 15:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/28107

Actions (login required)

View Item View Item