KEANEKARAGAMAN JENIS BURUNG BERDASARKAN STRATIFIKASI POHON DI KAWASAN KEBUN RAYA UNIVERSITAS ANDALAS, LIMAU MANIS, PADANG

welli, wendri (2017) KEANEKARAGAMAN JENIS BURUNG BERDASARKAN STRATIFIKASI POHON DI KAWASAN KEBUN RAYA UNIVERSITAS ANDALAS, LIMAU MANIS, PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER dan abstrak.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab akhir)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img] Text (tugas akhir ilmiah utuh)
5. ARTIKEL ILMIAH ok.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Stratifikasi merupakan susunan tetumbuhan secara vertikal di dalam suatu komunitas tumbuhan. Salah satu satwa yang hidupnya dipengaruhi oleh strata pohon adalah burung. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2016 - Februari 2017 di kawasan Kebun Raya Universitas Andalas, Limau Manis, Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman jenis burung diberbagai tipe habitat dan mengetahui keanekaragaman jenis burung berdasarkan strata pohon di berbagai tipe habitat. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survei menggunakan teknik Point count. Untuk pengamatan stratifikasi pohon menggunakan cara Stratatified purposive sampling, dimana tiga strata ditentukan di dalam plot berukuran 20 m x 50 m. Keanekaragaman jenis burung diberbagai tipe habitat tergolong sedang dengan nilai indeks keanekaragaman Shannon (H’) di HPPB H’= (2.18), Arboretum H’= (1.76), selanjutnya KTOF H’= (2.35). Keanekaragaman Jenis burung berdasarkan strata pohon di HPPB adalah 1 jenis pada strata Emergent, 6 jenis pada strata Kanopi, 7 jenis pada Subkanopi, dan 2 jenis pada strata Understory. Selanjutnya di Arboretum adalah 7 jenis pada strata Emergent, 6 jenis pada strata Kanopi, 11 jenis pada Subkanopi, dan 4 jenis pada strata Understory. Kemudian di KTOF adalah 5 jenis pada strata Emergent, 15 jenis pada strata Kanopi, 9 jenis pada Subkanopi, dan 8 jenis pada strata Understory. Kata kunci: Kebun Raya, point count, stratatified purposive sampling, stratifikasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Wilson Novarino
Subjects: Q Science > QK Botany
Q Science > QL Zoology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: s1 biologi biologi
Date Deposited: 28 Jul 2017 10:29
Last Modified: 28 Jul 2017 10:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/28047

Actions (login required)

View Item View Item