PEDOMAN PELAPORAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) BERDASARKAN GLOBAL REPORTING INITIATIVE (GRI) G4 ( STUDI KASUS PT PT ANEKA TAMBANG/ANTAM (PERSERO) Tbk)

Rahmi, Erwin (2017) PEDOMAN PELAPORAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) BERDASARKAN GLOBAL REPORTING INITIATIVE (GRI) G4 ( STUDI KASUS PT PT ANEKA TAMBANG/ANTAM (PERSERO) Tbk). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (577kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perusahaan merupakan badan hukum yang memiliki tanggung jawab untuk menjaga lingkungan dan sosial di sekitarnya. Bentuk tanggung jawab tersebut kemudian diterapkan dengan konsep Corporate Social Responsibility (CSR). Konsep CSR yang digunakan berdasarkan kesukarelaan (voluntary). PT ANTAM merupakan salah satu perusahaan yang melakukan pelaporan berkelanjutan (sustainability report) berdasarkan standarisasi yang berpedoman pada Global Reporting Initiative (GRI) G4. Permasalahan yang diangkat dalam penulisan ini (1) Bagaimana standar pelaporan Corporate Social Responsibility (CSR) berdasarkan Global Reporting Initiative (GRI) G4?, (2) Bagaimana penerapan laporan berkelanjutan Corporate Social Responsibility (CSR) pada PT ANTAM?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum normatif dengan meneliti bahan pustaka dan data sekunder yang diperoleh dari laporan berkelanjutan tahun 2015 yang diperoleh dari situs resmi PT ANTAM. Kesimpulan pada penulisan ini adalah (1) GRI telah meluncurkan standar pelaporan yang terbaru yang disebut G4, yang lebih berfokus pada isu-isu yang material, (2) Selain mempublikasikan laporan keuangan PT ANTAM juga menerbitkan non financial reporting yang disebut laporan keberlanjutan (substainability reporting). Penerapan CSR pada PT ANTAM terdiri dari ekonomi, sosial dan lingkungan, (3) Studi kasus pada PT ANTAM berdasarkan laporan berkelanjutan (substainability reporting).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. H. Zainul Daulay, S.H.,M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 27 Jul 2017 10:49
Last Modified: 27 Jul 2017 10:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/28013

Actions (login required)

View Item View Item