Pengaruh Ekstrak Etanol Daun Ketapang (Terminalia catappa L.) terhadap Kecoak Jerman (Blattella germanica L.) (Dictyoptera: Blattellidae)

Muhammad, Faisal (2017) Pengaruh Ekstrak Etanol Daun Ketapang (Terminalia catappa L.) terhadap Kecoak Jerman (Blattella germanica L.) (Dictyoptera: Blattellidae). Diploma thesis, Universitas Andalas.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (212kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (204kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V.pdf - Published Version

Download (184kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (290kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Full text skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pengaruh ekstrak etanol daun Ketapang (Terminalia catappa L.) terhadap kecoak Jerman (Blattella germanica L.) (Dictyoptera: Blattellidae), telah dilakukan di Laboratorium Riset Fisiologi Hewan, Jurusan Biologi, Universitas Andalas pada Oktober 2016 sampai Februari 2017. Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh kandungan ekstrak etanol daun Ketapang (Terminalia catappa L.) dalam melumpuhkan, mematikan, menolak atau menarik dan menghambat jumlah konsumsi makan kecoak Jerman. Penelitian dilakukan dengan rancangan acak lengkap empat perlakuan dengan empat ulangan untuk metode kontak, satu perlakuan dengan empat ulangan untuk metode umpan gel, satu perlakuan dengan empat ulangan untuk uji repelensi dan satu perlakuan dengan tiga ulangan untuk uji daya hambat makan. Perlakuan yang digunakan yaitu dengan residu ekstrak etanol daun Ketapang sebanyak 4,72; 6,30; 7,86 dan 9,44 mg/cm2 untuk metode kontak, 0,0009 g/mg selai nanas untuk metode umpan gel, 0,56 mg/cm2 untuk uji repelensi dan 0,78 mg/cm2 untuk uji daya hambat makan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak etanol daun Ketapang dapat melumpuhkan/membunuh 2,50 – 12,50% populasi kecoak Jerman pada jam ke-72 dengan metode kontak, 35,00 – 67,50% populasi kecoak Jerman pada hari ke-14 dengan metode umpan gel, menolak populasi kecoak Jerman sebesar 83,33 – 93,75% (tingkat repelen sangat tinggi), menyebabkan hambatan makan pada kecoak Jerman sebesar 27,09 – 78,11% (antifeedant lemah hingga sedang). Ekstrak etanol daun Ketapang mampu melumpuhkan/membunuh, menolak dan menghambat konsumsi makan kecoak Jerman. Kata kunci : bioinsektisida, Blattella germanica, Terminalia catappa

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. RESTI RAHAYU
Subjects: Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: s1 biologi biologi
Date Deposited: 28 Jul 2017 12:06
Last Modified: 28 Jul 2017 12:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/27976

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item