Pengaruh Inovasi terhadap keunggulan bersaing yang dimoderasi oleh variabel umur perusahaan pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sektor kuliner di Kota Padang

Roliza, Putra (2017) Pengaruh Inovasi terhadap keunggulan bersaing yang dimoderasi oleh variabel umur perusahaan pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sektor kuliner di Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
BAB V (Penutup).pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[img] Text
Skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Inovasi terhadap Keunggulan Bersaing yang dimoderasi oleh Variabel Umur Perusahaan pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sektor Kuliner di Kota Padang. Inovasi merupakan implementasi dari menciptakan sesuatu yang baru ataupun meningkatkan produk (produk atau jasa) secara signifikan, proses bisnis, metode pemasaran yang baru, metode organisasi yang baru dalam praktek bisnis, tempat kerja ataupun hubungan eksternal. Keunggulan bersaing adalah suatu keunggulan yang dimiliki oleh suatu perusahaan untuk dapat bersaing. Dalam penelitian ini keunggulan bersaing dapat dilihat berdasarkan teori resource base view. Resource base view memandang perusahaan sebagai kumpulan sumber daya dan kemampuan yang dimiliki perusahaan sehingga perbedaan sumber daya dan kemampuan perusahaan dengan perusahaan pesaing akan memberikan keuntungan bersaing bagi perusahaan. penelitian ini menggunakan variabel umur perusahaan sebagai variabel moderasi. Populasi penelitian ini adalah UMKM sektor kuliner di Kota Padang, pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada UMKM yang berjumlah 52 UMKM, untuk kemudian diolah dan diuji. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan program SmartPLS 3.2.6 Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Inovasi berpengaruh positif signifikan terhadap keunggulan bersaing serta umur perusahaan memoderasi hubungan antara variabel inovasi terhadap keunggulan bersaing UMKM sektor kuliner di Kota Padang. Kata Kunci : Inovasi, Keunggulan Bersaing, Moderasi, Umur Perusahaan, UMKM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Donard Games, SE, Mbus.PhD
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: S1 Manajemen Fakultas Ekonomi
Date Deposited: 27 Jul 2017 15:41
Last Modified: 27 Jul 2017 15:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/27972

Actions (login required)

View Item View Item