HUBUNGAN ANTARA FAKTOR MANUSIA, LINGKUNGAN, MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DENGAN PENYAKIT DAN KECELAKAAN KERJA PADA PERAWAT DI RAWAT INAP RSUD ARIFIN ACHMAD PEKANBARU

ISNANIAR, ISNANIAR (2017) HUBUNGAN ANTARA FAKTOR MANUSIA, LINGKUNGAN, MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DENGAN PENYAKIT DAN KECELAKAAN KERJA PADA PERAWAT DI RAWAT INAP RSUD ARIFIN ACHMAD PEKANBARU. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK TESIS ISNANIAR.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I TESIS)
BAB I TESIS ISNANIAR.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR (PENUTUP DAN KESIMPULAN))
BAB AKHIR (PENUTUP DAN KESIMPULAN) TESIS ISNANIAR.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA TESIS ISNANIAR.pdf

Download (178kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FUL TEXT)
TUGAS AKHIR ILMIAH UTUH TESIS ISNANIAR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (757kB)

Abstract

Rumah Sakit termasuk ke dalam kriteria lingkungan kerja dengan berbagai ancaman bahaya yang dapat menimbulkan dampak kesehatan, terhadap para pelaku langsung yang bekerja seperti Perawat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Faktor Manusia, Faktor Lingkungan dan Faktor Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja terhadap Kecelakaan dan Penyakit Akibat Kerja pada perawat di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif noneksperimen dengan pendekatan cross-sectional. Subjek penelitian (n=51) adalah perawat ruangan rawat inap. Analisa Data univariat menggunakan distribusi frekuensi, dan analisa data bivariat dengan uji chi-square. Hasil penelitian 35 (68,6%) perawat memiliki Riwayat Penyakit akibat kerja, dan 26 (51%) memiliki Riwayat Kecelakaan kerja, 26 (51%) Faktor Manusia berada pada kategori perilaku tidak aman, 27 (52,9%) Faktor Lingkungan berada pada kategori Lingkungan yang tidak aman dan 26 (51%) Faktor Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja berada pada kategori kurang baik. Uji chi-square pada Faktor Lingkungan dengan Riwayat Penyakit akibat kerja menunjukkan adanya hubungan yang signifikan dengan nilai p= 0,036 OR 0,269, kemudian juga menunjukkan adanya hubungan yang signifikan dengan Riwayat Kecelakaan Kerja dengan nilai p= 0,017 nilai OR 0,250. Faktor Manusia menunjukkan adanya hubungan yang signifikan dengan Riwayat Kecelakaan kerja nilai p= 0,036 OR 0,298. Sedangkan Faktor manajemen menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan dengan Riwayat Kecelakaan kerja dan Riwayat Penyakit akibat kerja. Diharapkan pemangku manajemen rumah sakit khususnya keperawatan memperhatikan Faktor lingkungan dan Faktor Manusia sebagai dasar dalam peningkatan Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada perawat dan upaya untuk pencegahan terjadinya penyakit akibat kerja dan pencegahan terjadinya kecelakaan kerja. Kata kunci : Faktor Manusia (Unsafe Action), Faktor Lingkungan (Unsafe Condition), Faktor Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), Penyakit Akibat Kerja, Kecelakaan Kerja. Daftar Pustaka : 64 (2001 – 2015)

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. HELMI ARIFIN, Msi.Apt
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: Program Profesi Ners
Date Deposited: 27 Jul 2017 12:31
Last Modified: 27 Jul 2017 12:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/27870

Actions (login required)

View Item View Item