pengaruh doping lantanum terhadap sifat hantaran listrik Sr2TiO4 fasa Ruddlesden-Popper yang disintesis dengan metoda lelehan garam

Nova, Andriani (2017) pengaruh doping lantanum terhadap sifat hantaran listrik Sr2TiO4 fasa Ruddlesden-Popper yang disintesis dengan metoda lelehan garam. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah)
Tugas Akhir Ilmiah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sr2TiO4 fasa Ruddlesden-Popper adalah senyawa oksida berlapis dengan struktur perovskite SrTiO3 dan rock salt SrO. Senyawa ini merupakan semikonduktor yang menjanjikan sebagai bahan termoelektrik dengan mengubah energi panas menjadi energi listrik secara langsung. Pada penelitian ini telah dilakukan sintesis senyawa Sr2TiO4 fasa Ruddlesden-Popper menggunakan metoda lelehan garam (campuran Na2SO4-K2SO4). Pendopingan dengan ion bervalensi tinggi, La3+ terhadap Sr2+ juga dilakukan untuk meningkatkan jumlah pembawa (carrier) sehingga hantaran listriknya bisa ditingkatkan. Perbandingan mol Sr dan Ti yang baik adalah Sr:Ti 2:1,25, dan hal ini sesuai dengan pola XRD dimana muncul puncak spesifiknya pada 2 31,7o; 32,4o dan 44,56o. Hasil pengukuran hantaran listrik dengan LCR menunjukkan bahwa pendopingan dengan 0,025 mol La3+ memberikan nilai hantaran listrik tertinggi sebesar 4,854x10-7S/cm. Gambar SEM menunjukkan bahwa morfologi senyawa yang disintesis membentuk lempengan pipih. Kata Kunci: Termoelektrik, Ruddlesden-Popper, Doping, Lelehan Garam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eng. Yulia Eka Putri
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 28 Jul 2017 15:29
Last Modified: 28 Jul 2017 15:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/27858

Actions (login required)

View Item View Item