RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING POSISI PARKIR KOSONG INDOOR SECARA REALTIME BERBASIS MIKROKONTROLER PADA SMARTPHONE ANDROID

Ridwan, Yusyar (2017) RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING POSISI PARKIR KOSONG INDOOR SECARA REALTIME BERBASIS MIKROKONTROLER PADA SMARTPHONE ANDROID. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover & abstrak)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (pendahuluan)
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text (penutup)
BAB AKHIR (PENUTUP).pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar psutaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
TUGAS AKHIR FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pertumbuhan kendaraan bermotor yang semakin pesat mengakibatkan tempat parkir menjadi kebutuhan yang penting bagi pengendara kendaraan bermotor. Sistem parkir yang ada saat ini belum memudahkan pengguna untuk memarkirkan kendaraan dengan baik dan masih membutuhkan waktu yang lama dalam mencari area parkir yang kosong. Karena itulah perlu dibuat sistem yang bisa memberi tahu posisi area parkir yang kosong kepada calon pengguna parkir sebelum memasuki area parkir. Jadi apabila calon pengguna hendak memarkirkan kendaraannya, maka pengguna hanya perlu melihat posisi parkir kosong yang tersedia di area parkir melalui smartphone. Sistem dirancang untuk bisa mendeteksi area parkir kosong didalam gedung parkir. Dengan menggunakan sensor ultrasonik dan motor servo pada bagian palang keluar-masuk kendaraan, dan sensor LDR pada setiap slot parkir. Serta modul Bluetooth untuk mengirim data ke smartphone android. Ketika nilai dari sensor ultrasonic kecil dari 15cm, maka palang parkir akan terbuka dengan bantuan motor servo. Ketika nilai kendaraan sudah memasuki area parkir, dan menempati salah satu slot parkir, maka sensor LDR akan membaca intensitas cahaya yang menurun dibawah nilai batas yang sudah diuji yaitu 70 lux. Selanjutnya bluetooth akan mengirim data ke smartphone dengan tampilan bahwa pada slot tersebut sudah terisi kendaraan. Dengan demikian calon pengguna selanjutnya dapat melihat dari smartphone mereka pada slot ke berapa terdapat slot kosong dan tidak kosong. Setelah dilakukan pengujian, maka dapat di simpulkan bahwa sistem mampu menampilkan kondisi dari setiap slot parkir pada smartphone android secara soft realtime.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: LATHIFAH ARIEF, M.T.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Komputer
Depositing User: s1 sistem komputer
Date Deposited: 05 Mar 2019 16:02
Last Modified: 05 Mar 2019 16:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/27834

Actions (login required)

View Item View Item