SOSIALISASI PROGRAM KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA OLEH UNIT KEGIATAN MAHASISWA PUSAT INFORMASI DAN KONSELING MAHASISWA ANDALAS GROUP (UKM-PIKMAG) UNIVERSITAS ANDALAS

FILKA, KHAIRU PRATAMA (2017) SOSIALISASI PROGRAM KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA OLEH UNIT KEGIATAN MAHASISWA PUSAT INFORMASI DAN KONSELING MAHASISWA ANDALAS GROUP (UKM-PIKMAG) UNIVERSITAS ANDALAS. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1I PENDAHULUAN)
BAB I .pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV PENUTUP)
BAB IV fix aja.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK FILKA KHAIRU PRATAMA, BP 1310812011. Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Andalas Padang. Judul Skripsi: Sosilisasi Program Kesehatan Reproduksi Remaja Oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Pusat Informasi dan Konseling Mahasiswa Andalas Group (UKM - PIKMAG) Universitas Andalas. Pembimbing I Drs. Yulkardi, M.Si. Pembimbing II Dra. Nini Anggraini, M.Pd. Jumlah halaman 147 halaman. Sejak pelaksanaan pembangunan Kependudukan dan Keluarga Berencana dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2010 – 2014, program Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) telah disepakati untuk dikembangkan menjadi program Generasi Berencana dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja. Walaupun telah gencar dilakukan sosialisasi melalui pusat informasi dan konseling mahasiswa, khususnya oleh UKM PIKMAG, namun masih terdapat banyak permasalahan remaja. Tujuan penelitia adalah mendeskripsikan sosialisasi program kesehatan reproduksi oleh unit kegiatan mahasiswa – pusat informasi dan konseling mahasiswa andalas group (UKM - PIKMAG). Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Informan dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dan pengumpulan datanya dengan wawancara mendalam. Teori yang digunakan adalah teori strukturasi dari Giddens. Posisi struktur dalam penelitian ini adalah nilai-nilai dari Program Generasi Berencana (GenRe), Undang-Undang Kependudukan nomor 52 tahun 2009 Pasal 48, dan aturan yang mengatur tata kehidupan kemahasiswaan di kampus. Agen disini sebagai pelaksana dari nilai-nilai dan norma yang ingin disosialisasikan yang melekat pada struktur, dalam hal ini agen yakni konselor sebaya dan pendidik sebaya oleh UKM - PIKMAG. Hasil penelitiannya adalah sosialisasi melalui sosialisasi langsung oleh UKM - PIKMAG, dilakukan dengan penyampaian pesan secara tatap muka. Sedangkan sosialisasi tidak langsung dilakukan melalui bantuan media seperti internet, elektronik, cetak, dan kreatifitas tangan. Kendala internal yang dialami seperti komposisi sumber daya manusia pengurus, disiplin, rendahnya kemauan untuk meningkatkan kapasitas diri, kondisi keuangan internal yang masih tergolong minim. Kendala eksternal yang dialami pengurus UKM - PIKMAG seperti pengetahuan mahasiswa unand terhadap keberadaan UKM - PIKMAG masih tergolong minim. Kata kunci : sosialisasi, program.

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: Drs. Yulkardi, M.Si
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 27 Jul 2017 12:13
Last Modified: 27 Jul 2017 12:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/27831

Actions (login required)

View Item View Item