PengaruhJenisInokulum (Probion Dan Phanerochaete chrysosporium) dan Lama FermentasiPelepah Daun SawitTerhadapKarakteristik Cairan Rumen Secara In vitro

Hendri, Waltomi (2017) PengaruhJenisInokulum (Probion Dan Phanerochaete chrysosporium) dan Lama FermentasiPelepah Daun SawitTerhadapKarakteristik Cairan Rumen Secara In vitro. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (cover and abstrak)
skripsi cover dan abstrak hendri.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 hendri.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
PENUTUP hendri.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA hendri.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[img] Text (skripsi text full)
skripsi lengkap hendri.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

PengaruhJenisInokulum (Probion Dan Phanerochaete chrysosporium) dan Lama FermentasiPelepah Daun SawitTerhadapKarakteristik Cairan Rumen Secara In vitro Hendri Waltomi1), Yuliaty Shafan Nur2), Irsan Ryanto2) 1)Mahasiswa Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan Universitas Andalas, Padang, 2017 2)Bagian Nutrisi Dan Teknologi Pakan, Fakultas Peternakan Universitas Andalas, Kampus Limau Manis Padang ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui interaksi jenis inokulum (Probion dan Phanerochaete chrysosporium) dan lama fermentasi yang paling baik untuk memfermentasi pelepah daun sawit terhadap karakteristik cairan rumen. Pelepah daun sawit (PDS) yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelepah dengan daun dan lidi sawit yang dicincang halus. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola faktorial,dimana faktor A(jenis inokulum: A1 = Probiondan A2 = P. chrysosporium) dan Faktor B (lama fermentasi: B1 = 14, B2 = 21, B3 = 28 hari) dengan 3 kali ulangan. Peubah yang diamati adalah derajat keasaman (pH), konsentrasi NH3, dan produksi VFA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan fermentasi PDS menggunakan Probion dan P.chrysosporiumdengan lama fermentasi berbeda memberikan pengaruh berbeda nyata (P<0,05) terhadap konsentrasi NH3 dan memberikan pengaruh berbeda tidak nyata (P>0,05) tehadap derajat keasaman (pH) dan produksi VFA. Berdasarkanhasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian P. chrysoporium selama 21 hari memberikan hasil terbaik terhadap derajat keasaman (pH), konsentrasi NH3 dan produksi VFA. Kata Kunci : fermentasi,karakteristik cairan rumen, P.chrysosporium, PDS, Probion.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Ir. Yuliaty Shafaan Nur, MS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 26 Jul 2017 16:31
Last Modified: 26 Jul 2017 16:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/27730

Actions (login required)

View Item View Item