PENGARUH LAMA FERMENTASI DENGAN Lentinus edodes TERHADAP KANDUNGAN BAHAN KERING, PROTEIN KASAR DAN RETENSI NITROGEN DARI BUNGKIL INTI SAWIT (BIS)

Adhi, Dwi Putra (2017) PENGARUH LAMA FERMENTASI DENGAN Lentinus edodes TERHADAP KANDUNGAN BAHAN KERING, PROTEIN KASAR DAN RETENSI NITROGEN DARI BUNGKIL INTI SAWIT (BIS). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. a. cover skripsi 2.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
2. PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB akhir (Penutup/Kesimpulan))
3. KESIMPULAN PENUTUP.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4.DAFTAR PUSTAKA 1234567.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PENGARUH LAMA FERMENTASI DENGAN Lentinus edodes TERHADAP KANDUNGAN BAHAN KERING, PROTEIN KASAR DAN RETENSI NITROGEN DARI BUNGKIL INTI SAWIT (BIS ) Adhi Dwi Putra dibawah bimbingan Prof. Dr. Ir. Nuraini, MS dan Dr. Ir. Elihasridas, MSi Bidang Nutrisi dan Teknologi Pakan Program Studi Peternakan Universitas Andalas Padang, 2017 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lama fermen tasi dengan Lentinus edodes ter hadap kandungan bahan kering , protein kasar dan retensi nitrogen dari bungkil inti sawit (BIS) . Penelitian ini menggunakan bungkil inti sawit (BIS) sebagai substratnya dan jamur yang digunakan adalah Lentinus edodes . Peneliti an ini menggunakan metode eksperimen yang dirancang dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL ) dengan 5 Perlakuan dan 4 u langan. Perlakuan yang diberikan adalah lama fermentasi A = 7 hari, B = 9 hari, C =11 hari, D = 13 hari, dan E =15 ha ri. Parameter yang diukur yaitu ka ndungan bahan kering , protein kasar dan retensi nitrogen . Hasil analisis keragaman menunjukan bahwa l ama fermenta si BIS dengan Lentinus edodes memberikan pengaruh yang berbeda nyata (P<0,05) terhadap kandungan bahan kering dan memberikan pengaruh berbeda sangat nyata (P<0,01) terhadap protein kasar, serta memberikan pengaruh berbeda nyata (P<0,05) terhadap retensi nitrogen. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu BIS fermentasi dengan Lentinus edodes pada lama fermentasi 9 hari merupakan kondisi optim al yang lebih efisien . Pada kondisi ini dipero leh kandungan bahan kering 37,02 %, protein kasar 20,16%, dan retensi nitrogen 64,83%. Kata Kunci : bungkil inti sawit (BIS) , Lentinus edodes , protein kasar dan retensi nitrogen

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Nuraini, MS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 26 Jul 2017 15:12
Last Modified: 26 Jul 2017 15:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/27710

Actions (login required)

View Item View Item