PEMBERDAYAAN KELOMPOK TANI TERNAK MELALUI PROGRAM PENYELAMATAN SAPI BETINA PRODUKTIF (Studi Kasus :Kelompok Tani Maju Bersama Kelurahan Bukit Apit Puhun Kecamatan Guguak Panjang Kota Bukittinggi )

Ajriani, Fitria (2017) PEMBERDAYAAN KELOMPOK TANI TERNAK MELALUI PROGRAM PENYELAMATAN SAPI BETINA PRODUKTIF (Studi Kasus :Kelompok Tani Maju Bersama Kelurahan Bukit Apit Puhun Kecamatan Guguak Panjang Kota Bukittinggi ). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PEMBERDAYAAN KELOMPOK TANI TERNAK MELALUI PROGRAM PENYELAMATAN SAPI BETINA PRODUKTIF (Studi Kasus : Kelompok Tani Maju Bersama Kelurahan Bukit Apit Puhun Kecamatan Guguk Panjang Kota Bukittinggi ) Ajriani Fitria Program Studi Peternakan, Bagian Pembangunan dan Bisnis Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Andalas Padang Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberdayaan kelompok tani ternak melalui program penyelamatan sapi betina produktif (PSBP) di Kelurahan Bukit Apit Puhun Kecamatan Guguk Panjang Kota Bukittinggi. Penelitian ini telah dilaksanakan pada tanggal 27 April - 14 Mei 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode study kasus. Responden penelitian terdiri dari seluruh anggota kelompok tani maju bersama yang berjumlah 21 orang. Variabel yang diukur yaitu pemberdayaan dilihat dari : peningkatan kapasitas, penguatan kelembagaan, pengembangan kemitraan, dan kendala-kendala dilihat dari: fasilitator, program itu sendiri, penerima, dan media. Metode analisis data mengunakan skala likert. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa Pemberdayaan kelompok tani ternak melalui program PSBP berada pada kategori sedang yaitu 75,13%. Dimana pada peningkatan kapasitas berada pada kategori sedang yaitu 71,39%, penguatan kelembagaan berada pada kategori tinggi yaitu 82,33%, pengembangan kemitraan berada pada kategori sedang yaitu 64,2%. Berdasarkan Kendala-kendala yang dihadapi kelompok tani ternak dalam menerapkan program pemberdayaan berada pada kategori rendah yaitu 52,18%. Dimana pada kendala fasilitator berada pada kategori sedang yaitu 62,80%, program itu sendiri berada pada kategori rendah yaitu 42,38%, Penerima berada pada kategori rendah yaitu 33,98%, media berada pada kategori rendah yaitu 41,18%. Kata kunci : Pemberdayaan, Sapi Betina Produktif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Amrizal Anas, MP
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 26 Jul 2017 15:35
Last Modified: 26 Jul 2017 15:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/27692

Actions (login required)

View Item View Item